6 Manfaat Ngeblog Bagi Siswa

6 Manfaat ngeblog bagi siswa – Sebagian orang menganggap ngeblog sebagai kegiatan bersifat iseng. Aktivitas selingan yang dilakukan untuk mengisi waktu senggang atau lowong. Yang lebih ekstrim, ngeblog hanyalah sebagai kegiatan yang membuang waktu bahkan uang.

Namun banyak juga orang yang memandang ngeblog sebagai kegiatan positif.  Menjadikannya sebagai wahana untuk menebarkan ilmu pengetahuan. 

Bahkan, tidak sedikit yang menjadikan kegiatan ngeblog sebagai pekerjaan sampingan karena bisa mendatangkan penghasilan. Pemahaman beragam terhadap kegiatan ngeblog dapat dimaklumi lebih rasional.

Dari sekian blogger, ternyata banyak juga yang berstatus sebagai siswa. Ini sangat luar biasa menurut admin.  Mereka tidak hanya berlatar belakang siswa sekolah kejuruan. 

Ada yang berasal dari sekolah umum dan agama, bahkan ada yang masih siswa tingkat SLTP.  Kecil-kecil jadi blogger, gitu lho?

manfaat,blogging,siswa

Apa untungnya kegiatan ngeblog buat siswa? Berikut ini akan ditelisik beberapa manfaat ngeblog buat siswa:

1.Berlatih belajar secara mandiri

Kegiatan ngeblog sudah pasti membutuhkan pengetahuan dan teknik tertentu tentang bagaimana membangun dan mengembangkan sebuah blog. 

Pengetahuan dan teknik mengelola blog itu tidak didapat di sekolah melainkan di dunia blogging. Blogger harus mampu untuk belajar secara mandiri dengan tekun.

2.Belajar membagi waktu

Tugas utama siswa adalah belajar. Jika terjun ke dunia blogging, siswa harus pandai membagi waktu antara belajar dan ngeblog. Siswa harus pandai memilih dan memilah kapan waktu belajar dan kapan pula waktu yang cocok untuk ngeblog.

3.Mengembangkan bakat dan potensi

Siswa yang terjun ke dunia blogging berarti belajar mengembangkan potensi yang dimiliki. Kegiatan ngeblog dimulai dari membuat blog, sampai mengembangkan blog menjadi yang lebih baik.

4.Menyalurkan bakat menulis

Untuk menyalurkan bakat menulis lebih mudah melalui kegiatan ngeblog ketimbang media masa. Jika menulis melalui media masa cetak  memerlukan prosedur waktu panjang, maka menulis pada blog tidak demikian. Seseorang dapat memuat tulisannya kapan ia mau di blognya sendiri.

Lagi pula seseorang blogger bebas menentukan apa judul maupun topiknya tanpa campur tangan pihak lain. Pendek kata, menulis artikel di blog tak perlu terlalu formal dan berumit-rumit.

5.Memperluas wawasan pengetahuan

Siswa yang terjun ke dunia blogging akan mudah menjelajahi ilmu pengetahuan lebih luas.
Membuat artikel postingan blog termasuk kegiatan yang gampang susah. 

Blogger harus banyak belajar pada tentang bagaimana cara membuat dan mempublishing artikel, termasuk pembuatan artikel SEO Friendly. Tidak mudah untuk membuat sebuah artikel tanpa belajar dan mempraktikkannya secara langsung.

6.Belajar Menjalin silatuttahmi

Silaturrahmi tidak hanya dapat dibina melalui dunia nyata namun tak kalah serunya adalah di dunia maya. Wujud silaturrahmi antara lain saling mengunjungi antara sesama blogger dengan kegiatan blogwalking. 

Berkunjung ke blog sahabat dan meninggalkan jejak berupa pesan maupun komentar. Sahabat akan balas berkunjung dan sang admin menjamu sang pengunjung dengan prinsip menghormati pengunjung blog. 

Nilai inilah yang didapatkan oleh siswa melalui aktivitas ngeblog.

Demikianlah beberapa manfaat ngeblog buat siswa. Namun demikian kegiatan ini diharapkan tidak mengganggu belajar siswa. Bagaimana pun belajar lebih penting dari segalanya. Bagaimana menurut sobat pengunjung?

Share this :

0 Response to "6 Manfaat Ngeblog Bagi Siswa"

Poskan Komentar