Melanjutkan Kemana Tamat SMP/MTs ?

Melanjutkan kemana tamat smp/mts? – Meskipun ujian nasional masih berlangsung, namun admin yakin bahwa jauh hari sebelum ini siswa sudah memiliki keinginan, mau kemana tamat SMP/MTs. Syarat melanjutkan tentunya harus lulus ujian nasional dan ujian sekolah seperti yang tercantum dalam kriteria kelulusan siswa pada suatu jenjang pendidikan.

Berdasarkan pengalaman selama ini ada beberapa kategori pilihan bagi siswa untuk melanjutkan pendidikannya, yaitu:

1.Melanjutkan ke sekolah umum

Sekolah umum maksudnya adalah sekolah menengah atas (SMA). Sebagian orang tua menganggap SMA sebagai sekolah jangka panjang. Sekolah yang berorientasi melanjutkan ke perguruan tinggi. Jika ingin kuliah maka siswa sebaiknya masuk SMA.

melanjutkan,kemana,tamat smp

SMA terbagi dua, yaitu SMA unggul dan SMA regular. Untuk masuk ke SMA unggul memerlukan persyaratan yang lebih kompetitif, seperti nilai UN, ujian tertulis, ujian praktik, dan sebagainya yang dipersyaratkan oleh sekolah bersangkutan.

Sekolah reguler umumnya hanya mempersyaratkan nilai minimal UN. Jika siswa tidak memenuhi syarat tersebut, sasaran lain siswa adalah SMA swasta yang ada di daerah masing-masing.

Siswa tamatan MTs berpeluang masuk ke SMA Unggul maupun reguler. Siswa dianggap telah memiliki pendidikan dasar agama yang kuat semasa di MTs sehingga bagus juga untuk memasuki sekolah umum tersebut.

2.Melanjutkan ke sekolah kejuruan

Sekolah kejuruan maksudnya adalah sekolah menengah kejuruan (SMK). Sekolah kejuruan ini sering disebut sebagai sekolah jangka pendek. Ini bukan berarti siswa tidak bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Namun tamatan SMK berpeluang untuk terjun langsung ke lapangan atau ke dunia kerja. Jika ingin cepat untuk mencari pekerjaan sebaiknya siswa memasuki SMK sesuai keinginan dan nilai yang diperoleh di SMP. 

3.Melanjutkan ke sekolah agama

Siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah) mungkin lebih sesuai kalau melanjutkan pendidikan yang berbasis keagamaan, seperti MA (Madrasah Aliyah). Untuk belajar di madrasah aliyah, siswa sudah memiliki bekal ilmu berbagai mata pelajaran keagamaan.

Namun demikian bukan berarti siswa SMP umum tidak bisa melanjutkan ke sekolah agama. Hanya saja, di SMP, mata pelajaran agama hanya 2 jam pelajaran. Sehingga diperkirakan siswa harus menguasai pelajaran  agama dari awal kembali ketika mereka belajar di MA.

4.Tidak melanjutkan

Tidak melanjutkan pendidikan mungkin tidak menjadi masalah karena program wajib belajar 9 tahun memang minimal tamat SMP/Sederajat. Namun demikian, apa yang dapat diperbuat siswa untuk zaman sekarang ini? Kalau beberapa tahun sebelumnya, tamatan SMP/Sederajat ini memang masih banyak yang memasuki dan diterima di dunia kerja. 

Share this :

10 Responses to "Melanjutkan Kemana Tamat SMP/MTs ?"

  1. sebaiknya sih tergantung dari tujuan akhir nya ya pak apakah ingin bekerja atau ingin lanjut kuliah, jadi kalau mau lanjut kul, ambil Sma, tapi kalau mau lagsung kerja, bisa ambil smk ;)

    BalasHapus
  2. bagi mereka yang ingin cepat bekerja mungkin lebih cocok untuk melannjutkan ke SMK ya pak Uda, karena sepertinya sekarang ini lulusan SMK lebih mudah untuk memperoleh pekerjaan, bahkan jika dibandingkan dengan lulusan sarjana sekalipun

    BalasHapus
  3. saya waktu lulus SMP langsung ke sekolah kejuruan, tapi sebaiknya anak di arahkan sesuai dengan minat mereka dan jangan di paksakan, supaya mereka tidak berhenti atau asal-asalan saja :)

    BalasHapus
  4. Menyekolahkan anak itu ibarat menaikkan layang layang,kalau ingin layang layangnya naik tinggi maka harus ada angin dan benang serta yang menaikkan itu pandai.Anak ibarat layang layang,Angin ibarat dorongan orang tua,Benang ibarat Biaya,Yang menaikkan diibaratkan sang pendidik bisa dewan guru.

    BalasHapus
  5. kalau saya jaman dulu, saat di smp sudah tau mau melanjutkan ke mana. Yang bingung itu justru selepas SMA. Bingung mau ke mana. Akhirnya ikut saran orang tua saja. :)

    BalasHapus
  6. kalau dulu saya memilih melanjutkan ke sma dan pinginnya ambil biologi tapi selepas sma malah melanjutkan ke tehnik tekstil, jauh memang dari harapan tapi tak apalah malah dapat kerja diperusahaan tekstil dan bekerja selama 5 thn setelah menikah jadi ibu rumah tangga saja...hehehehehe

    BalasHapus
  7. saya melanjutkan ke sekolah menengah kejuruan. walaupun dengan bermodalkan ijazah smk susah mendapat pekerjaan, tapi alhamdulilah saya lebih percaya diri dalam berbisnis karena semasa sekolah banyak praktek.

    BalasHapus
  8. biasanya mayoeritas siswa lebih menyukai melanjutkan ke sekolah kejuruan ya pak dengan harapan lulus bisa lgsg kerja :) saya dulu juga sekolah di smk dan setelah lulus langsung bisa kerja menjadi blogger, hehehe :D

    BalasHapus
  9. Waktu saya tamat SMP dulu saya memilih ke sekolah lanjutan
    SMAN Pak, dan sekarang pun pada Putri saya begitu, untuk lebih
    Ke sekolah tinggi lainya, saya sekolahkan Anak saya ke SMAN Aja dulu

    BalasHapus
  10. sma atau smk saya rasa tidak masalah daripada tidak melanjutkan sama sekali yia bos...

    BalasHapus