Peraturan Itu Untuk Dilanggar ?

Peraturan itu untuk dilanggar (?) – Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali ditemukan peraturan peraturan. 

Di rumah tangga ada peraturan. Di sekolah, tempat umum, jalan raya, dan kantor-kantor juga ada peraturan. Kehidupan berbangsa dan bernegara pun memiliki peraturan yang dikenal dengan peraturan perundang-undangan.

Bentuk peraturan itu ada dua, yaitu tertulis dan tidak tertulis. Peraturan tertulis adalah peraturan yang tertuang dalam teks. Pengumuman dan peringatan pada tempat-tempat yang disebutkan di atas termasuk peraturan tertulis. 

Sedangkan peraturan tak tertulis adalah kebiasaan atau tradisi yang bersifat konvensi (kesepakatan).

mematuhi,peraturan

Biasanya setiap peraturan itu pasti diiringi dengan sanksi atau hukuman. Yang melanggar aturan akan mendapat sanksi atau hukuman tertentu. Apakah semua peraturan itu untuk dilanggar? Yang benarnya, peraturan itu untuk ditaati dan dipatuhi. 

Peraturan itu dibuat untuk mengatur prilaku dan kegiatan manusia pada suatu komunitas tertentu  agar sesuai dengan norma yang berlaku di tempat itu.

Apakah peraturan itu dibuat karena manusia memang susah diatur?  Suka berbuat dan bertindak sesuka hati? Entahlah!

Peraturan lalu lintas dibuat untuk mengatur lalu lintas di jalan raya supaya pengguna jalan raya tertib. Jika tidak mematuhi aturan lalu lintas akan menimbulkan kecelakaan atau hal lain yang tidak diingini. 

Peraturan dan tata tertib di sekolah berguna untuk mengatur seluruh aktivitas komunitas sekolah sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Mengapa terjadi  pelanggaran terhadap peraturan? Ada dua alasan pokok yang jadi penyebabnya:

1.Kurangnya sosialisasi atau pemasyarakatannya

Peraturan yang ada perlu disosialisasikan kepada semua pengguna peraturan itu. Sejauh mana pemahaman terhadap peraturan yang disosialisasikan akan menentukan kuantitas pelanggaran.

2.Kurangnya kesadaran pribadi

Pelanggaran terhadap peraturan yang ada berawal dari kurangnya kesadaran pribadi. Bahwa peraturan dibuat bukan untuk dilanggar. Peraturan itu mengatur prilaku manusia dalam suatu komunitas dan bermanfaat untuk komunitas itu sendiri.

Melanggar peraturan dengan sengaja bukanlah budaya bangsa. Bangsa Indonesia didik untuk mentaati peraturan. Mulai dari lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Kalau begitu, peraturan bukan untuk dilanggar!

Share this :

2 Responses to "Peraturan Itu Untuk Dilanggar ?"

  1. copy paste artikel org lain dengan mencantumkan link aktif sumbernya juga termasuk peraturan tdk tertulis ya pak, karena utk menghargai pemilik artikel aslinya :D

    asal usul peraturan dibuat karena manusia susah diatur ya pak... makasih pencerahannya :)

    BalasHapus
  2. @Buk Indri ---> Betul, buk Indri. Etika copy-paste seperti itu, memang peraturan tidak tertulis (konvensi dalam blogger). Namun karena manusia kadang-kadang susah diatur, sebagian blogger mengubahnya menjadi tertulis (membuat notifikasi di bagian akhir artikel). Terima kasih kembali, buk Indri...

    BalasHapus