Tips Menjadi Anak Kost yang Baik

Tips Menjadi Anak Kost yang Baik

Tips menjadi anak kost yang baik – Sekolah yang jauh dari rumah mengharuskan sebagian siswa memilih untuk kost daripada bolak-balik tiap hari. Pilihan ini menjadi lebih baik dengan berbagai pertimbangan dan alasan.

Memilih untuk kost akan dapat menghemat waktu. Yang pasti akan mengurangi kemungkinan terlambat datang ke sekolah, apalagi tempat kost berdekatan dengan sekolah. 


tips,menjadi,anak kost,

Selain itu, akan dapat menghemat energi siswa jika dibandingkan bolak balik tiap. Menggunakan motor sendiri atau naik angkutan umum akan beresiko terhadap keamanan anak sekolah.

Memilih untuk kost berarti mencoba belajar hidup mandiri. Segala aktivitas sehari-hari akan dilakukan tanpa bantuan orang tua. Mulai dari mencuci dan menyetrika pakaian, membeli dan memasak makanan, sampai mengerjakan sendiri segala hal lain yang berkaitan dengan keperluan diri.


Menjadi anak kost ternyata gampang-susah. Sering terjadi masalah atau konflik antara anak kost dengan pemilik kost atau dengan teman sesama anak kost. 

Penyebabnya bermacam-macam namun pada umumnya disebabkan oleh sikap anak kost sendiri:  (a). sewa kost terlambat dibayar, (b). kurang menjaga kebersihan, (c). kurang memelihara perlengkapan atau fasilitas yang disediakan, (d). tidak menghemat listrik, (5). dan lain sebagainya.

Bagaimana menjadi anak kost yang baik dan disenangi oleh pemilik kost? Coba ikuti tips berikut ini:

1.Anggaplah tinggal rumah sendiri sehingga siswa bisa merawat segala perlengkapan dan fasilitas yang ada.

2.Pemilik kost adalah wali orang tua sendiri. Apa pun yang terjadi dengan siswa maka yang paling tau duluan adalah pemilik kost. Maka anggaplah orang tua sendiri.

3.Menjaga ucapan dan tingkah laku agar tidak menimbulkan konflik dengan pemilik kost maupun teman sesama kost.

4.Tunaikan kewajiban sebagai anak kost, termasuk membayar sewa kost tepat pada waktunya.

5.Selalu menjalin hubungan komunikasi, baik antara sesama teman, dengan orang tua teman maupun pemilik tempat kost.

6.Mematuhi aturan yang berlaku di tempat kos. Pelanggaran terhadap aturan yang ada di tempat kost sering membuat pemilik kost marah, dan itu wajar karena mereka itu adalah pengganti orang tua di rumah.

Demikian beberapa hal penting sebagai tips menjadi anak kost yang baik dan bisa disenangi oleh teman dan pemilik kost. Mudah-mudahan bermanfaat buat kita semua, khususnya siswa yang sedang dan akan kost. Terima kasih.

Posting Komentar