5 Karakteristik Pendekatan Saintifik

5 Karakteristik pendekatan saintifik – Kesempatan ini kembali akan dikemukakan masalah pendekatan saintifik dalam proses pendidikan sesuai kurikulum 2013. 

Jika sebelumnya telah dibahas apa dan bagaimana pendekatan saintifik dalam pembelajaran, kali ini akan dikemukakan karakteristik pendekatan saintifik.

Pendekatan saintifik merupakan pola pendekatan pembelajaran yang bertujuan untuk membangun informasi belajar dari siswa, oleh siswa dan untuk siswa. 

Prinsipnya adalah bagaimana siswa belajar, mengenal, mengolah, memiliki dan mengkomunikasikan hasil belajar tersebut.

karakter saintifik,pendekatan pembelajaran

Bagaimana karakteristik pendekatan saintifik?

a.Berorientasi pada siswa

Prinsip belajar adalah oleh siswa, dari siswa dan untuk siswa. Dalam hal ini, guru mengupayakan bagaimana siswa mengenal, mengolah, menerima, dan mengkomunikasikan informasi belajar.

b.Mengembangkan potensi siswa

Melalui pendekatan saintifik, siswa dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya terutama berfikir ilmiah dengan menerapkan kemampuan mengamati, bertanya, menganalisa, menalar dan mengkomunikasikan hasil belajarnya.

c.Meningkatkan motivasi belajar

Siswa akan termotivasi belajar jika tercipta suasana pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa untuk berlaku seolah-olah sebagai saintis muda

Fenomena alam dan sosial dalam materi dan informasi belajar akan menarik perhatiannya untuk diamati, ditelaah dan digeneralisasi sehingga terjawab pertanyaan apa dan mengapa terhadap fenomena tersebut. Baca juga: Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

d.Mengembangkan sikap dan karakter siswa

Sumber dan informasi belajar yang diamati dan dikenal siswa akan mengubah sikap dan karakter siswa ke arah yang lebih baik. Perilaku dan kebiasaan buruk akan merugikan orang lain dan diri sendiri. 

Manusia adalah makhluk social dan tak mungkin hidup sendiri sehingga perlu bersosialisasi dengan lingkungan alam dan sosial dengan baik dan santun. Baca: Pendidikan Karakterdi Sekolah

e.Meningkatkan kemampuan mengkomunikasikan hasil belajar

Kemampuan mengkomunikasikan hasil temuan belajar sangat penting bagi siswa. Ini hal tersulit yang sering dialami oleh siswa. Oleh sebab itu pembiasaan dan latihan secara berangsur-angsur perlu dilakukan oleh siswa melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran.

Share this :

0 Response to "5 Karakteristik Pendekatan Saintifik"

Poskan Komentar