Mengapa Perlu Mematuhi Tertib Berlalu Lintas?

Mengapa perlu mematuhi tertib berlalu lintas? – Peraturan dan rambu-rambu lalu lintas berlaku untuk semua pengguna jalan.  Tidak hanya pengguna jalan di jalan-jalan kota namun juga berlaku untuk pengguna jalan di pedesaan.

Di daerah pedesaan ada jalan desa, jalan raya kabupaten, bahkan jalan raya provinsi dan jalan raya lintas pulau. Pengguna jalan, termasuk kaum pelajar yang menggunakan kendaraan, harus mematuhi aturan dan tata tertib berlalu lintas. 

Tujuannya untuk mengatur lalu lintas bagi semua pengguna jalan tersebut.

Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan bermotor  roda dua. Dijadikan sebagai alat transportasi utama dan kebanyakan masyarakat di Indonesia. Tertib berlalu lintas juga berlaku bagi pengguna kendaraan bermotor.


Kebut-kebutan di jalan merupakan tindakan yang dilarang dan melanggar tertib berlalu lintas. Ini dapat merugikan diri sendiri maupun pengguna jalan yang lain. Kita sering menyaksikan secara langsung maupun melalui siaran televisi dan radio. Sudah banyak korban akibat ngebut di jalan raya.

Wajib helm bukan semata untuk menghindari tilang polisi lalu lintas. Lebih dari itu untuk menjaga keselamatan pengendara maupun penumpang kendaraan bermotor roda dua.

Umumnya siswa bersekolah di desa menggunakan sepeda motor sebagai sarana transportasi. Banyak terjadi kecelakaan akibat tidak mematuhi tertib berlalu lintas. Mereka sering kebut-kebutan di jalan dan tidak menggunakan helm pengaman kepala.

Jika terjadi sesuatu akibat melanggar tertib berlalu lintas, siswa akan mengalami kerugian. Proses belajarnya di sekolah akan terganggu. Apalagi saat mau ujian naik kelas atau ujian nasional.

Itulah sebabnya mengapa siswa perlu mematuhi tertib berlalu lintas. Mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih.

Share this :

2 Responses to "Mengapa Perlu Mematuhi Tertib Berlalu Lintas?"

  1. menertibkan diri terhadap lalu lintas adalah cermin dan sikap sesorang terhadap kedisiplinan, kita akan tahu mana orang yan gdisiplin dan tidak melaui ketertiban lalu lintas ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, pak Ibrahim...Tertib berlalu lintas menjadi salah satu cermin pribadi yang disiplin...

      Hapus