Mencermati Struktur Kurikulum 2013

Mencermati struktur kurikulum 2013 – Kurikulum 2013 dilaksanakan pada tahun pelajaran 2014/2015.  

Persiapan pelaksanaannya telah dan sedang dilaksanakan oleh masing-masing sekolah. Bahkan beberapa sekolah telah selesai melaksanakan lokakarya sekolah.

Di Kabupaten Tanah Datar, saat ini sedang dilaksanakan pelatihan guru mata pelajaran. Tujuannya untuk membekali para guru mata pelajaran dalam memahami kurikulum 2013 dan mempersiapkan perangkat mengajarnya. 

Pemerintah daerah ternyata sangat serius mendukung pelaksanaan kurikulum 2013 di setiap sekolah.

struktur,kurikulum,2013

Struktur kurikulum 2013 memang agak berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Perbedaan mencolok dan mudah terlihat adalah alokasi jam belajar. 

Jika struktur kurikulum sebelumnya memuat struktur 32 jam pelajaran per minggu, maka kurikulum 2013 memuat 38 jam pelajaran perminggu.

Pada kurikulum 2013 terjadi peningkatan kuantitas beban belajar. Bagi guru, penambahan alokasi jam mengajar akan memberi peluang untuk melaksanakan pembelajaran lebih leluasa karena waktu tersedia telah meadai. 

Guru mata pelajaran dapat menerapkan pendekatan saintifik dalam waktu yang cukup.

Bagi siswa, kurikulum 2013 memberi peluang untuk berimprovisai mengelola bahan belajar. Mengelola dalam hal ini adalah membaca, memahami,mengolah dan memiliki materi pelajaran. Muaranya adalah pembelajaran menjadi menyenangkan bagi siswa. 

Share this :

2 Responses to "Mencermati Struktur Kurikulum 2013"

  1. Kami juga mendapat pelatihan tentang itu pak, tapi sebagian para guru di sini masih bingung dengan kurikulum 2013, sebab masih banyak yang perlu dijelaskan secara rinci dan bertahap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar pak Ibrahim. Setiap perubahan sistem dalam pendidikan akan menimbulkan kerepotan tersendiri bagi guru karena gurulah yang menjasi pelaksana dari perubahan itu. Termasuk perubahan kurikulum ini. Mudah-mudahan, melalui pelatihan tersebut akan menambah pemahaman kita terhadap esensi kurikulum 2013....

      Hapus