Mengefektifkan Lokakarya Sekolah

Mengefektifkan lokakarya sekolah – Setiap penghujung tahun pelajaran, sekolah mengadakan semacam lokakarya atau pertemuan kecil secara ilmiah. Dikatakan pertemuan kecil karena dihadiri oleh unsur-unsur yang terkait dengan pendidikan anak di sekolah. 

Unsur terkait dimaksud adalah siswa (OSIS), guru, pimpinan sekolah, orang tua siswa (komite sekolah), dan unsur dari pemerintah setempat.

Pelaksanaan lokakarya dipandu oleh narasumber yang berasal dari sekolah itu sendiri atau pengawas dari tingkat kabupaten/kota serta pihak LPMP provinsi. Kenapa dikatakan lokakarya ini bersifat ilmiah? 

Pertemuan ini akan membahas masalah ril yang dihadapi oleh sekolah serta mencari alternatif solusi pemecahan masalah yang dapat diterapkan dengan praktis.

mengefektifkan,lokakarya,sekolah

Tujuan lokakarya adalah meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah, baik dalam aspek proses yang dijalankan maupun aspek hasil yang diperoleh pada akhir tahun pelajaran. 

Aspek proses meliputi kualitas proses pembelajaran dimana tercipta pembelajaran yang efektif dan efisien, menyenangkan dan hasilnya dapat dirasakan oleh siswa sebagai subjek sekaligus objek pendidikan di sekolah.

Kegiatan utama lokakarya sekolah adalah:

1.Evaluasi program

Dalam lokakarya akan dikaji bagaimana pelaksanaan program pada tahun pelajaran berlalu. Semua masalah dan kendala yang telah dihadapi akan diidentifikasi untuk diupayakan strategi pemecahannya.

Selain itu, evaluasi program juga akan mengetahui program mana yang sudah berhasil dan efektif terlaksana. Program ini akan dikembangkan lagi pada tahun pelajaran yang akan datang.

2.Menyusun program

Kegiatan utama lokakarya adalah menyusun program dan kebijakan strategis untuk tahun pelajaran yang akan datang.  Prinsip penyusunannya adalah terstruktur dan dapat diterapkan. 

Program sekolah dibuat tidak muluk-muluk namun praktis dan dapat dilaksanakan oleh semua pengelola pendidikan di sekolah.

Mengingat pentingnya kegiatan lokakary sekolah, semua pihak terkait dengan pendidikan di sekolah perlu lebih mengefektifkan, baik pelaksanaannya maupun hasil lokakarya itu sendiri. 

Artinya, lokakarya tidak hanya sekadar menjalankan program rutin akhir tahun pembelajaran. Lokakarya hendaknya dilaksanakan secara efektif dan efisien, berhasil dan berdaya guna.

Share this :

0 Response to "Mengefektifkan Lokakarya Sekolah"

Poskan Komentar