Peran Guru dalam Kurikulum 2013

Peran guru dalam kurikulum 2013 – Pada hakikatnya, kurikulum 2013 merupakan penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya. 

Sasaran perubahan kurikulum tidak lain adalah guru sebagai pelaksana langsung di ruang kelas. Oleh sebab itu, pembahasan lebih diarahkan pada bagaimana peranan guru dalam kurikulum 2013.

Kurikulum adalah program yang direncanakan. Program itu direncanakan oleh guru dan dilaksanakan dalam pembelajaran. Inilah keterkaitan antara guru, kurikulum dan pembelajaran.

Pendekatan saintifik sesungguhnya lebih memfokuskan beberapa peranan guru dalam suatu pembelajaran. Bagaimana guru mengefektifkan pembelajaran melalui metode dan cara berfikir ilmiah (keilmuan). 

peran,guru,kurikulum

Ada beberapa peran guru dalam penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran:

1.Guru sebagai Disainer pembelajaran

Sebagai guru professional, guru mendisain bagaimana corak pembelajaran yang akan dijalankan. Disain pembelajaran itu sudah terekam dalam perangkat pembelajaran yang terstruktur, praktis dan bias diterapkan. Baca: Guru Sebagai Disainer Pembelajaran

2.Guru Sebagai Seniman Pembelajaran

Pembelajaran di ruang kelas memiliki nilai dan sentuhan seni sehingga menimbulkan rasa senang bagi siswa. Sebelumnya guru telah melakukan perancangan terhadap pembelajaran yang mengandung unsur seni sehingga rancangan tersebut dapat dijalankan oleh guru. Baca juga: Guru Seniman Pembelajaran

3.Motivator pembelajaran

Peran tersulit dialami guru adalah membangkitkan semangat dan kemauan siswa untuk mengeksplorasi materi belajar sebanyak mungkin. Motivasi yang cukup akan membuat siswa terangsang untuk belajar secara maksimal.

4.Mediator pembelajaran

Kehadiran guru dalam pembelajaran sebagai perantara antara sumber belajar dengan siswa. Guru menyajikan pokok permasalahan pembelajaran kepada siswa dan siswa menerima, menelaah, dan membahas materi itu sehingga menjadi miliknya.

5.Inspirator pembelajaran

Guru menjadi sumber inspirasi utama bagi siswa dalam mengelola materi pelajaran. Pemikiran dan strategi yang disampaikan guru akan menggerakkan siswa belajar secara mandiri dan kreatif.

Kelima peran tersebut di atas  adalah peran minimal guru sebagai pelaksana kurikulum dalam pembelajaran. Demikian uraian mengenai peranan guru dalam kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Peran Guru dalam Kurikulum 2013"

Poskan Komentar