Tips Agar Naik Kelas

Tips agar naik kelas – Lazimnya, siswa yang malas belajar dan durhaka pada guru tidak akan naik kelas. Jika mereka naik kelas juga, pasti ada sesuatu yang kurang beres. 

Jika dibiarkan ketidakberesan ini akan merusak kredibilitas sekolah. Bahkan berujung pada rusaknya kualitas pendidikan.

Hampir semua siswa ingin naik kelas. Namun kenyataannya, masih ada siswa yang tinggal kelas alias mengulang kembali di kelas yang sama. Itu jelas suatu kerugian dari segi waktu maupun biaya pendidikan yang telah dikeluarkan oleh orang tua. 

Tidak sampai disitu saja, tinggal kelas bisa jadi dapat merusak harga diri siswa dan orang tuanya.

tips,naik kelas,kenaikan kelas

Berangkat dari akibat tinggal kelas, siswa harus memahami bagaimana tips dan cara agar naik kelas. Berikut sedikit tips buat siswa, khususnya yang rentan tinggal kelas.

1.Perbaiki sikap dan tingkah laku

Naik kelas juga berarti kenaikan kualitas sikap dan tingkah laku siswa. Jangan dipahami kenaikan kelas itu hanya sebagai kenaikan tingkat kelas karena nilai mata pelajaran mencapai angka KKM semata. Oleh sebab itu, belum terlambat untuk memperbaiki semua itu.

2. Periksa kembali hasil belajar

Memeriksa kembali hasil belajar dalam semester yang yang sedang diikuti sangat penting. Yang diperiksa antara lain, apakah ada nilai ulangan harian yang masih  belum tuntas atau mencapai nilai KKM. Cari kembali penyebabnya. Baca juga: Proses Pengolahan Nilai Siswa

Jika ada nilai ulangan harian yang  belum tuntas, silahkan temui guru mata pelajaran bersangkutan. Tidak salah jika siswa melibatkan orang tuanya dalam menyelesaikan persoalan mata pelajaran yang belum tuntas. Mengapa? Silahkan lihat: Kerja Sama Orang Tua Siswa

3.Persiapkan diri menghadapi ujian

Ujian kenaikan kelas tentu saja sangat penting artinya bagi proses penilaian. Persiapkan diri siswa sebaik mungkin. Bagaimana bentuk persiapan menghadapi ujian? Baca: Tips Menghadapi Ujian Naik Kelas

Tidak banyak tipsnya bukan? Mudah-mudahan siswa yang rentan untuk tinggal kelas bisa berbenah diri agar tidak menyesal ketika menerima rapor kenaikan kelas. Masih ada waktu untuk berbuat yang lebih baik agar naik kelas.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »