Usahakan Tidak Menyontek dalam Ujian

Usahakan tidak menyontek – Mungkin judul ini biasa-biasa saja. Sudah sering guru menasehati agar siswa tidak menyontek. 

Kerap kali siswa membaca kerugian dari kebiasaan menyontek. Namun kebiasaan menyontek ini masih tumbuh subur di kalangan siswa.

Mengapa diusahakan siswa tidak menyontek dalam ujian?  Bagi siswa yang sudah menyadari kerugian menyontek akan dapat memakluminya. 

Namun siswa yang sudah terbiasa dan sulit mengubah kebiasaannya, artikel ini hanyalah sekadar himbauan lunak. Usahakan tidak menyontek! Mengapa?

usahakan,tidak menyontek,ujian

Mungkin saja pada ulangan harian dan ujian kenaikan kelas masih terbuka peluang bagi siswa untuk menyontek. Namun saat ujian nasional kesempatan untuk menyalin jawaban atau hasil kerja teman, sudah tertutup. 

Habis, paket soal ujian terakhir pada jenjang pendidikan itu tidak sama. Terdiri dari beberapa paket soal yang berbeda untuk siswa dalam satu ruang.

Lalu, apa usaha yang harus dilakukan? Siapkan diri sebaik mungkin secara mental maupun materi pelajaran yang akan diuji. Jangan lupa baca juga artikel berikut ini:

Semoga siswa yang akan menempuh ujian naik kelas sukses dan naik kelas dengan nilai memuaskan. Terima kasih!

Share this :

4 Responses to "Usahakan Tidak Menyontek dalam Ujian"

  1. Pertamax ni pak

    Budaya mencontek masih lekat pada pelajar kita saat ini, sistem pengawasan yang katanya ketat pun masih bisa kebobolan, inilah yang harus dicegah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget dengan gagasan pak Ibrahim. Itu sebabnya beberapa artikel dalam blog ini mengarah pada minimalisasi kebiasaan mencontek...Terima kasih banget ya, pak?

      Hapus
  2. sikap jujur siswa memang harus ditanamkan sejak sekolah ya mas agar tidak berbuat tercela seperti contek mencontek ini karena sangat merugikan baik bagi diri sendiri ataupun orang lain ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan dengan sistem ujian yang semakin diperbaiki dapat mengurangi kebiasaan mencontek, mbak Ririn...Selain itu adanya usaha dan inisiatif guru berperan untuk memperkecil peluang siswa untuk tidak jujur dalam ujian...

      Hapus