Ada Apa dengan Cabe Merah?

Ada apa dengan cabe merah? - Cabe atau cabai (Capsicum annum), baik cabe merah maupun hijau dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai tanaman palawija (holtikultura). Popularitas cabe akhir-akhir ini meningkat akibat harganya yang melambung tinggi. Harga cabe merah dan cabai rawit melonjak dikaitkan dengan kenaikan tarif dan jasa. 

Pada umumnya orang menyebutnya di pasaran sebagai cabe merah. Termasuk tanaman perdu dari keluarga terong-terongan. Mudah dibudidayakan, tidak hanya oleh petani cabe melainkan juga oleh keluarga. 


Konon tanaman dengan ciri khas rasa pedas ini berasal dari Peru di benua Amerika. Akhirnya meluas ke seluruh benua Amerika, Eropa, Asia dan termasuk negara Indonesia. Meskipun tergolong jenis tanaman muda namun usia cabe di muka bumi ini cukup tua.

apa,manfaat,cabe

Cabe merah umumnya dimanfaatkan oleh orang Indonesia sebagai sayur atau bahan utama bumbu masak dapur.  Rasa cabe yang pedas dapat meningkatkan selera makan seseorang. 

Baca : 4 Manfaat Bertanam Cabe Merah Bagi Keluarga
Itu sebabnya, masakan khas Padang mempunyai ciri khas yang pedas. Bukanlah namanya masakan Padang dimanapun dijumpai tanpa rasa pedas dari bumbu cabe.

Sebenarnya manfaat cabe merah tidak hanya sebagai sayuran atau bahan bumbu masak. Ternyata cabe juga memiliki khasiat untuk kesehatan.

Cabe mengandung semacam senyawa antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu cabe juga mengandung zat yang mencegah penyakit kanker.


Meskipun harga cabe melonjak, namun yang namanya cabe akan tetap dibutuhkan sebagai bumbu penyedap makanan. Mahal maupun murah akan tetap dibutuhkan orang. Apalah rasanya masakan tanpa bumbu penyedap cabe.

Previous
Next Post »
0 Komentar