Mengenal Alat Ekskresi Manusia dan Fungsinya

Mengenal alat ekskresi manusia dan fungsinya – Manusia merupakan salah satu makhluk hidup yang melakukan proses metabolisme. 

Proses ini akan menghasilkan energi yang diperlukan oleh tubuh serta zat-zat sisa sebagai sampah yang harus dikeluarkan dari tubuh.

Selain proses metabolisme, tubuh manusia juga melakukan proses pencernaan. Sisa hasil pencernaan juga termasuk sampah yang harus dikeluarkan dari tubuh. Proses pengeluaran zat sisa hasil pencernaan disebut defekasi.

Alat yang digunakan tubuh untuk mengeluarkan sisa pencernaan disebut alat defekasi, misalnya anus. Anus berfungsi mengeluarkan zat sisa hasil pencernaan berupa tinja. Sisa pencernaan tidak akan mengalami proses metabolisme dalam jaringan tubuh manusia.

mengenal,alat,ekskresi,manusia

Zat sampah yang berlebihan dihasilkan tubuh akan bersifat sebagai racun sehingga dapat mengganggu proses metabolisme tubuh. Untuk mengeluarkan sisa metabolisme  diperlukan  alat ekskresi.

Yang termasuk alat ekskresi adalah ginjal, kulit, paru-paru dan hati. Alat ini akan berfungsi untuk mengekskresikan zat-zat sisa tertentu, sebagai berikut:

a).Ginjal; mengeluarkan air, urea, asam ureat, garam, vitamin, dan obat-obatan yang berlebihan.

b).Kulit; mengeluarkan air dan garam.

c).Paru-paru; mengeluarkan karbon dioksida (CO2) dan uap air (H2O).

d).Hati (hepar); mengeluarkan cairan empedu.

Begitulah secara singkat uraian mengenal alat ekskresi manusia dan fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan kita semua.

Share this :

0 Response to "Mengenal Alat Ekskresi Manusia dan Fungsinya"

Poskan Komentar