Alternatif Metode Pembelajaran

Alternatif metode pembelajaran - Metode pembelajaran merupakan cara untuk menerapkan siasat pembelajaran. Dalam perspektif admin, tidak ada satupun metode pembelajaran yang paling bagus kecuali yang sesuai kondisisi ril di sekolah. Kondisi dimaksud antara lain; karakter siswa, materi/mata pelajaran, dan ketersediaan sarana/prasarana pembelajaran.

Faktanya memang, sering guru menuliskan metode yang bagus dan keren dalam perangkat pembelajaran. Namun akhirnya tidak dapat diterapkan karena memang tidak mempertimbangkan pemilihan metode sesuai kondisi ril di sekolah. Baca: Pertimbangan Memilih Metode Pembelajaran

Ada beberapa metode pembelajaran yang masih relevan dengan kebutuhan pembelajaran dewasa ini. Tentu saja, guru perlu lebih kreatif dan inovatif dalam implementasinya di ruang kelas.

memilih,metode,mengajar

1.Metode ceramah.
Metode ceramah disinyalir sebagai metode tertua dalam pendidikan. Metode ini memang menempatkan guru lebih banyak berbicara sementara  siswa lebih banyak diam. Itu bukan berarti metode ceramah tidak pantas menjadi alternative pilihan dalam pembelajaran.

Untuk memberdayakan metode ceramah, guru perlu menggunakan media dan alat bantu belajar. Hal ini akan mempermudah pemahaman siswa terhadap uraian dan penjelasan guru melalui ceramah.

2.Metode tanya jawab.
Metode ini dapat diterapkan dengan baik apabila dibekali dengan kemampuan bertanya dan menjawab yang memadai. Ini akan menguntungkan siswa lebih aktif dan kreatif menyerap informasi belajar dari permasalahan yang sedang dibahas. Baca : Bertanya dan Menjawab Pertanyaan

3.Metode diskusi.
Diskusi merupakan forum pembicaraan mengenai sesuatu yang menjadi pokok pembahasan. Dalam diskusi akan terjadi pertukaran ide dan pendapat, pengalaman, saran dan kritik yang membangun. Tujuannya untuk memperoleh kesimpulan tentang materi yang sedang dibahas.

4.Metode eksperimen.
Metode eksperimen merupakan suatu metode untuk memperoleh pengalaman belajar melalui kegiatan percobaan. Metode ini lazim digunakan jika segala peralatan belajar memadai dan dilakukan secara individu. Jika alat eksperimen terbatas maka kondisinya dimodifikasi menjadi metode demonstrasi. Eksperimen dilakukan secara berkelompok.

Demikian 4 alternatif metode pembelajaran yang masih relevan dengan perkembangan zaman. Tentunya masih banyak lagi metode lain yang patut diterapkan dalam proses pembelajaran. Semuanya tergantung pada bagaimana kreasi dan inovasi yang dimiliki oleh seorang guru. 

Share this :

2 Responses to "Alternatif Metode Pembelajaran"

  1. Metode diskusi dan eksperimen itu merupakan metode yang efektif sekali pak untuk selalu diterapkan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pak Ibrahim. Selain efektif juga praktis dipakai dalam pembelajaran...

      Hapus