Ciri Urine Orang yang Sehat

Ciri Urine Orang yang Sehat

Ciri urine orang yang sehat – Urine merupakan zat sampah sisa metabolisme tubuh manusia. Dikatakan zat sampah karena tidak dibutuhkan lagi oleh jaringan tubuh. Selain itu sisa metabolisme ini juga mengandung racun bagi tubuh. 

Zat sampah urine ini dikumpulkan dalam kantong kemih setelah mengalami penyaringan oleh ginjal. Urine dalam kantong kemih dikeluarkan dari tubuh melalui saluran uretra.


ciri-ciri,urine sehat,ekskret
Kenapa orang ingin buang air kecil atau pipis? Orang ingin pipis karena ada desakan dari kantong kemih yang sudah penuh. 

Kebiasaan menahan buang air kecil akan menimbulkan gangguan pada ginjal. Oleh sebab itu dianjurkan untuk tidak membiasakan menahan air seni. Hal ini akan menimbulkan penyakit kencing batuSalah satunya disebabkan oleh membekunya zat garam yang terkandung dalam urine.
Simak : Gangguan Umum pada Ginjal Manusia
Bagaimana ciri urine orang yang sehat? Orang yang sehat dapat diindikasikan melalui urine yang dikeluarkan dari tubuh. 

Seperti diketahui, urine terdiri dari air, garam, zat warna empedu, sisa pembongkaran protein (urea, asam ureat, dan amoniak), serta zat lain yang dikonsumsi berlebihan (vitamin dan obat-obatan).

Zat-zat yang terkandung dalam urine tersebut tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh. Namun bila ditemukan zat-zat selain dari yang disebutkan di atas, maka orang tersebut mengalami gangguan kesehatan khususnya ginjal. Zat dimaksud adalah protein dan glukosa.

Ginjal bermasalah akan mengeluarkan air seni dalam bentuk gula dan protein. Kelebihan gula dalam urine menandakan gejala kencing manis (diabetes). 

Jangan lupa baca: Fungsi Utama Ginjal Manusia
Jadi, ciri urine orang yang sehat antara lain tidk ditemukan zat gula dan protein dalam urine tersebut. Jika ditemukan protein dalam urine maka orang tersebut diindikasikan mengalami kerusakan ginjal. 

Posting Komentar