Fungsi Utama Ginjal Manusia

Fungsi utama ginjal manusia -  Ginjal merupakan salah satu alat ekskresi utama pada tubuh manusia. Terletak dalam rongga perut di sebelah kiri dan kanan ruas-ruas tulang belakang. 


fungsi,ginjal,manusia
Foto : Ilustrasi ginjal manusia (viva.co.id)

Penjelasan ini akan membantu siswa, terutama kelas IX SMP/MTs dan Sederajat untuk mempelajari konsep sistem ekskresi pada manusia. 

Baca juga: Mengenal Alat Ekskresi Manusia dan Fungsinya
Manusia mempunyai dua buah ginjal dimana ginjal sebelah kanan lebih rendah daripada ginjal sebelah kiri. Ginjal manusia mirip kacang merah, berwrna merah tua keungu-unguan. Panjangnya lebih kurang 10 sentimeter.

Secara anatomi, ginjal terdiri 2 bagian yaitu: 

a).Kulit ginjal (korteks)
b).Sumsum ginjal (medulla). 

Ginjal berfungsi untuk: menyaring darah. Proses kerja penyaringan terjadi pada kulit ginjal, tepatnya pada bagian simpai bowman. 

Selanjutnya hasil penyaringan darah berupa urine (air seni) akan masuk dalam pembuluh lanjutansimpai bowman pada sumsum ginjal.

Sisa metabolisme tubuh yang tidak berguna akan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk air seni. Apabila kantong kemih telah penuh, manusia akan merasa adanya desakan untuk mengeluarkan air seni.

Urine manusia mengandung beberapa zat seperti air dan garam. Selain itu juga terdapat zat urea, asam ureat, dan amoniak sebagai hasil pembongkaran protein. 

Simak juga: Mengenal Struktur Ginjal manusia
Orang yang berlebihan mengkonsumsi vitamin C dan obat-obatan juga dikeluarkan bersama urine. Begitu pula hormon yang berlebih diproduksi oleh tubuhnya sendiri. 

Selain menyaring darah, ginjal juga berfungsi untuk :  a) mengeluarkan zat yang berlebihan dalam tubuh (vitamin, hormon dan obat-obatan yang larut dalam air). b). menjaga keseimbangan cairan di luar sel. Dengan jalan mengeluarkan air yang berlebihan dan c) mempertahankan keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.

0 Response to "Fungsi Utama Ginjal Manusia"

Posting Komentar