Gangguan Umum pada Ginjal Manusia

Gangguan umum pada ginjal manusia – Gangguan umum adalah kelainan dan penyakit yang umum dialami oleh ginjal manusia. Pembahasan artikel pendidikan ini pun terbatas pada perspektif keilmuan dalam mata pelajaran IPA terpadu di kelas IX.

Gangguan yang umum terjadi pada ginjal adalah; batu ginjal, nefritis, dan glukosuria. Mari kita bahas satu persatu gangguan umum pada ginjal manusia:

1).Batu ginjal

Batu ginjal merupakan endapan garam kalsium pada rongga ginjal, saluran ginjal dan kandung kemih. Endapan batu ginjal  berbentuk Kristal yang sulit larut karena mengandung kalsium oksalat, asam urat dan kristal kalsium fosfat.

gangguan,kelainan,ginjal

Kristal batu ginjal akan menyebabkan hidronefrosis, yaitu membesarnya salah satu ginjal karena urine tidak dapat mengalir keluar. Ini terjadi karena penyempitan aliran ginjal atau tersumbat oleh batu ginjal.

Secara umum diakatakan penyebab batu ginjal adalah terlalu banyak mengkonsumsi garam mineral dan kurang minum air. Orang yang jarang minum berpeluang menderita batu ginjal.

2).Glukosuria

Glukosuria adalah penyakit yang ditandai dengan adanya kadar glukosa dalam urine. Kadar glukosa meningkat karena kekurangan hormon insulin. Sel-sel nefron pada ginjal tidak mampu menyerap kembali kelebihan glukosa sehingga dikeluarkan bersama urine.

Glukosuria lebih akrab disebut sebagai penyakit gula/kencing manis (diabetes mellitus).

3).Nefritis

Nefritis merupakan gangguan kerusakan pada bagian glomerulus ginjal akibat alergi oleh racun kuman. Glomerulus merupakan alat penyaring darah yang terjadi pada badan Malpighi. Gangguan pada nefritis umumnya disebabkan oleh bakteri Streptococcus. Jangan lupa baca: Ciri Urine Orang yang Sehat

Share this :

0 Response to "Gangguan Umum pada Ginjal Manusia"

Poskan Komentar