Sifat Negatif Ini Perlu Dihindari Guru

Sifat negatif perlu dihindari guru – Guru adalah seorang pendidik profesional. Sebagai pendidik profesional, guru harus memiliki sifat-sifat mendidik. Naluri mendidik sudah harus ada dan berkembang dalam kepribadian guru sejak awal.

Naluri mengajar sudah dimiliki oleh semua orang. Namun tidak semua orang memiliki naluri mendidik. Mendidik berkaitan dengan norma (agama, sosial, hukum,dll). Mendidik juga berkaitan dengan karakter baik dan kepribadian terpuji. Tentu saja, meskipun sebagai pendidik, guru adalah manusia biasa yang tak luput dari kekurangan.Tugas pribadi pendidik adalah memerangi kekurangan itu secara berkesinambungan.

sifat,negatif,guru,menghindari

Ada beberapa sifat negatif yang perlu dihindari seorang guru dalam rangka memerangi kekurangannya:

1.Egois

Egois termasuk sifat negatif yang perlu dihindari. Guru yang memiliki sifat “keakuan” yang tinggi pasti tidak disenangi oleh siswa maupun rekan sejawat.

2.Gila hormat

Guru yang “gila hormat” sangat mudah merasa tersinggung oleh perlakuan siswanya maupun rekan sejawatnya. Ia sering merasa kecewa lantaran tidak dihormati oleh siswa. Bahkan merasa lebih unggul dari yang lainnya. Jika ada rekan guru yang lebih muda, energik, dan kreatif, ia sering merasa tidak dihormati karena telah puluhan tahun mengajar.

3.Rendah diri

Rendah diri dalam hal ini merasa kemampuannya rendah dalam melaksanakan tugas keguruannya. Dalam melaksanakan pembelajaran, guru merasa kurang percaya diri akan penampilannya. Merasa tidak dihargai oleh siswa. Dalam kehidupan sosial, guru merasa terpukul jiwanya karena memiliki kekurangan secara materi.

4.Syak wasangka

Perasaan syak wasangka adalah perasaan menaruh curiga kepada diri sendiri, siswa maupun rekan sejawat.

5.Mudah kecewa dan marah

Sikap mudah marah dan kecewa terhadap siswa dan orang-orang disekitarnya merupakan indikasi ketidakikhlasan dalam melaksanakan tugasnya. Tidak mencintai tugas maupun anak didiknya. Lupa kalau yang dihadapi adalah siswa yang sedang berkembang secara jasmani maupun rohani.

Tentu masih banyak lagi sifat-sifat lain yang perlu dihindari. Namun dengan 5 poin tersebut menjadi modal utama untuk memerangi kekurangan diri sebagai pendidik profesional. Kunci utama adalah mau membuka diri terhadap kelemahan dan kekurangan diri pribadi. Baca juga: Inilah Ciri Guru yang Baik

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »