6 Kemampuan Pokok Seorang Wali Kelas

6 Kemampuan pokok seorang wali kelas – Wali kelas mempunyai tugas yang lebih khusus dibanding guru mata pelajaran di sekolah. Hal ini terlihat dari perannya secara administratif dan bimbingan terhadap siswa. Selain sebagai penerima delegasi wewenang dari pimpinan sekolah. Wali kelas juga menjadi pengganti orang tua di sekolah. 

Yang umum diketahui oleh siswa maupun orang tua siswa adalah bahwa tugas seorang wali kelas itu mengisi dan membagikan rapor hasil belajar. Tetapi sesungguhnya tugas wali kelas itu lebih luas. Oleh sebab itu menjadi wali kelas tidaklah semudah yang diperkirakan.

Seorang wali kelas minimal perlu  memiliki 6 kemampuan pokok berikut ini:


kemampuan,wali,kelas

1.Membangun jembatan komunikasi

Wali kelas harus mampu membangun komunikasi antara sesama siswa di kelas yang dibimbingnya, kelas lain, guru, kepala sekolah dan dengan orang tua siswa. Komunikasi yang terbina memungkinkan terciptanya suasana kondusif dalam proses belajar siswa. Kondusif artinya suasana belajar dan bersosialisasi yang nyaman.
Baca : Wali Kelas Itu Orangtua Siswa Kedua?

2.Mengelola administrasi kelas dengan rapi

Tugas wali kelas bersifat ganda. Selain mengelola administrasi perangkat mengajar, wali kelas juga telaten mengelola administrasi kelas. Kelas memiliki berbagai perlengkapan administrasi yang ada di buku maupun yang dipajang di dinding kelas.

3.Menghadapi karakter siswa yang beraneka ragam

Sebuah kelas dihuni oleh siswa dengan karakter heterogen. Artinya, siswa dalam satu kelas memiliki  sikap dan tingkah laku yang beraneka ragam. Semua itu harus dihadapi wali kelas dengan sabar dan penuh kasih sayang.

4.Bersikap adil kepada semua siswa

Prinsip adil dan berkeadilan perlu juga diterapkan oleh wali kelas kepada siswa binaannya. Memperlakukan siswa sesuai kodratnya (pria dan wanita). Yang salah mendapat hukuman/sanksi namun yang berprestasi mendapat penghargaan minimal penghargaan bersifat verbal (kata-kata).

5.Menguasai psikologi pendidikan

Yang dihadapi wali kelas adalah siswa yang berada pada usia taraf perkembangan. Dimana kondisi psikologis siswa belum stabil. Kadang-kadang suka malas dan bolos belajar. Membangkang pada guru bahkan orang tua. Suka melanggar aturan sekolah. 

Oleh sebab itu, wali kelas perlu melakukan pendekatan psikologis dalam pembinaan terhadap siswa. Barangkali, wali kelas itu juga seorang psikolog remaja…hehehe.
Simak : Tips Ringan Menjadi Wali Kelas

6.Menguasai IT

Perkembangan dalam dunia pendidikan menuntut adanya kemampuan menguasai information technology  (IT). Tugas wali kelas tidak hanya sebatas mendokumentasi hasil belajar siswa untuk dimuat dalam buku rapor. 

Kini tugas wali kelas harus mengupload data siswa dan nilai akademis tersebut ke dalam aplikasi Dapodik. Wali kelas harus mengentri data siswa dan nilai siswa setiap semester ke dalam aplikasi Data Dapodik.
Begitulah 6 kemampuan penting dan perlu dimiliki oleh seorang guru yang menjabat wali kelas di sekolah.

0 Response to "6 Kemampuan Pokok Seorang Wali Kelas"

Posting Komentar