Kelainan dan Gangguan Kulit pada Manusia

Kelainan dan gangguan pada kulit manusia – Alat-alat ekskresi pada manusia berfungsi  mengeluarkan sisa metabolisme berupa sampah yang mengandung racun berbahaya. Namun alat-alat tersebut sering mengalami gangguan karena adanya kelainan dan penyakit. Misalnya,  ginjal dan kulit dapat mengalami gangguan. Baca juga: Gangguan Umum pada Ginjal Manusia

Pada umumnya kelebihan produksi kelenjar keringat dan minyak menjadi awal timbulnya kelainan dan gangguan pada kulit manusia. Kondisi ini akan dimanfaatkan oleh jamur dan bakteri yang ada kulit. Dua hal ini tentu saja karena kurang menjaga kebersihan kulit.

Berikut ini disajikan secara singkat beberapa kelainan dan gangguan yang umum terjadi pada kulit manusia.

kelainan,gangguan,kulit

1.Jerawat

Kelainan dan gangguan pada kelenjar minyak dapat menimbulkan penyakit jerawat. Kelenjar minyak terdapat pada lapisan kulit jangat (dermis) tepatnya di sekitar batang rambut. Kelenjar ini menghasilkan minyak untuk melemaskan rambut dan menjaga kulit dari kekeringan.

Produksi kelenjar minyak yang berlebihan ke permukaan kulit bisa menimbulkan jerawat jika pada kulit yang tidak bersih. Jerawat tidak hanya menyerang wajah, namun dapat muncul pada bagian kulit lain seperti bagian dada atas dan punggung.

2.Eksim

Penyakit eksim ditandai dengan memerahnya kulit, kering dan gatal-gatal. Penyebab eksim adalah aktivitas perlindungan terhadap bakteri dan jamur kulit.

3.Biang keringat

Biang keringat terjadi karena tersumbatnya kelenjar keringat oleh sel-sel kulit mati yang tidak terbuang secara sempurna..

4.Panu dan Kurap

Panu disebabkan oleh jamur karena kulit kurang terjaga kebersihannya. Sedangkan kurang disebabkan oleh parasit dermatofit.

5.Kutu air

Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang tumbuh dan berkembang pada kondisi lingkungan lembab dan hangat. Misalnya saat memasang sepatu yang lembab.

6.Abses (bisul bernanah)      

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri akibat terluka oleh jarum suntik.

Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu siswa yang belajar konsep sistem ekskresi khususnya. Tentu saja dapat memperbaharui pengetahuan pengunjung blog ini pada umumnya.

Share this :

0 Response to "Kelainan dan Gangguan Kulit pada Manusia"

Poskan Komentar