Kolam Ikan Mini di Pekarangan Sempit

Kolam ikan mini di pekarangan sempit - Tidak ada yang menjadi kendala untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat. Asal seseorang mempunyai kemauan dan kreativitas. 

Lahan yang sempit? Sumberdaya pekarangan rumah yang terbatas? Semua itu bisa dijadikan bahan untuk berkreasi.

Sebagai contoh, sebuah rumah tidak memiliki areal yang sempit. Namun tidak tertutup kemungkinan untuk memelihara ikan. Hewan air ini sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai sumber nutrisi bagi tubuh. 

kolam,ikan,mini,pekarangan

Gambar di atas adalah sebuah kolam ikan mini berukuran 2 x 1.5 meter. Jaraknya sekitar 0.5 m dari pondasi rumah. Kedalaman lebih kurang 1 meter. Kolam itu diberi coran semen yang agak kuat karena terlalu dekat dengan pondasi rumah.

Jenis ikan yang dapat dipelihara adalah ikan nila. Nila ini lebih cepat tumbuh dan berkembang. Makanannya cukup dedaunan seperti daun talas, papaya atau daun tumbuhan lain yang ada di sekitar rumah.

Selain ikan nila, kita juga bisa memelihara ikan patin. Ikan ini mudah beradaptasi dengan lingkungan kolam dengan ukuran mini. Jika ingin terlihat bagus dan indah, sebaiknya kolam mini itu di beri pagar bambu atau kayu. 

Selain aspek seni, juga menghindari hewan lain yang tercebur ke dalam kolam sempit tersebut.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »