Larangan Membawa Ponsel ke Sekolah

Larangan membawa ponsel ke sekolah – Ponsel (telepon seluler) merupakan salah satu alat komunikasi interpersonal. Alat komunikasi yang satu ini dinilai yang paling efektif sampai saat ini untuk membangun komunikasi perorangan.


Berbagai jenis dan merek sudah tersedia dipasaran sehingga mudah diperoleh. Begitu pula harganya yang bervariasi dan terjangkau oleh semua kalangan masyarakat. Pengguna ponsel ini sudah hampir semua lapisan. Tidak hanya masyarakat menengah ke atas, masyarakat lapisan bawah pun sudah sanggup memilikinya.

Maka tidaklah membuat kita heran, anak kecil, remaja, dewasa dan orang tua sudah tidak asing lagi dengan alat komunikasi genggam ini. Mungkin anak sekolah atau remaja termasuk komunitas paling banyak menggunakan ponsel.

larangan,membawa,hp.sekolah

Bagi mereka, ponsel tidak hanya sekadar alat komunikasi. Berbagai fitur tersedia digunakan untuk kegiatan lain. Misalnya facebook, twitter, messenger, dan fasilitas lain. Tentunya alasan yang paling lazim bagi anak sekolah adalah browsing untuk mencari informasi tentang bahan belajar dan tugas-tugas yang diberikan oleh guru di sekolah.

Saat ini beberapa sekolah telah menerapkan larangan bagi siswa untuk membawa ponsel ke sekolah. Larangan ini tentu saja dapat diterima oleh orang tua siswa. Untuk menghindari terganggunya konsentrasi belajar siswa!

Meskipun sudah diumumkan larangan untuk membawa ponsel, masih ada siswa yang tidak mempedulikannya. Ada siswa yang nekad membawa dan menyimpannya dalam tas buku. Namun bagi siswa yang cerdik, ponsel mereka simpan di bawah jok motor yang diparkir di tempat parkir.

Mungkin pihak sekolah perlu membuat kebijakan khusus. Siswa tertentu boleh membawa HP  namun harus dititipkan di meja piket atau ruang majelis guru. Jika ada orang tua, famili, atau siapapun yang ingin berkomunikasi mendesak dengan siswa boleh menghubungi petugas piket terlebih dulu.

Paling tidak, pihak sekolah mengambil kebijakan agar orang tua atau famili atau siapapun yang perlu  berkomunikasi sangat penting dengan siswa saat jam belajar sekolah untuk menghubungi guru piket.

Share this :

25 Responses to "Larangan Membawa Ponsel ke Sekolah"

  1. sy paling kesel klo pas lg ngajar ada aja yg kellolosan bawa hp .... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Murid sekarang memang sering nekad ya mas...?

      Hapus
    2. ntah apa yg menjadi faktor bnyak perbedaan antara sekarag ,,,, mngkin dari sari pati makanan kah, atau dari lingkungan yah pak .... :D

      Hapus
    3. Mungkin mas Fiu ada benarnya, meskipun tidak didukung teori-teori dan penelitian... Dua hal tersebut telah meawrnai perilaku anak...

      Hapus
  2. hp bagi siswa bisa mengganggu proses belajar dan dengan dititipkan di ruang majelis guru kayaknya merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah itu yamas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas Yanto. Mungkin di satu sisi akan menambah kerja guru piket. Namun di sisi lain, solusi ini minimal dapat mengantisipasi gangguan proses belajar siswa di kelas...

      Hapus
  3. aturan larangan membawa ponsel kesekolah memang bisa diakali dengan menaruh ponsel dibawah jok motor, tapi sayangnya adik saya apes bos, ponselnya malah hilang, padahal katanya jelas-jelas ditaruh dibawah jok, hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, sayang sekali ya mas? Mungkin sempat terlihat oleh temannya yang suka iseng saat nyimpannya kali ya mas?

      Hapus
  4. Waktu saya masih SMP memang tidak boleh sama sekali bawa yang namanya Ponsel itu , kalo ketauan ponselnya akan ditilang hehe harus panggil orang tua.... yaah!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu masih SMP saya malah blom punya HP mas, pacaran aja masih pake surat-suratan saya mah hehehe...

      Hapus
    2. Demi kebaikan siswa nggak apa-apalah ditilang ya, mas Munawir?

      Hapus
    3. Pake surat-suratan kayaknya lebih puas mencurahkan isi hati. Soalnya apa yang mau dibilang dipikirkan lebih dulu sehingga kata-katanya bisa manis, mas marnes...hehehe.

      Hapus
  5. Wah kalau saya masih bawa ponsel kesekolah tapi di gunakannya saat jam istirahat doang,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...mbak Siti ketauan bawa hape ke sekolah...

      Hapus
  6. Disekolah saya juga diterapakan larangan membawa ponsel ke sekolah pak, tapi kurang tahu juga deh efektif apa ndak tuh? yang namanya siswa kadang gak kehabisan akal ada aja caranya agar bisa tetep membawa ponsel teresebut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin larangan itu tetap efektif, mas Marnes. Bagaimanapun, larangan dan razia oleh guru terhadap siswa sudah membuktikan keseriusan pihak sekolah untuk meminimalisir gangguan belajar siswa terutama dari pengaruh hp saat jam pelajaran berlangsung...

      Hapus
  7. Bener sekali Uda Awak. Walaupun PONSEL fungs utamanya sebaga alat KOMUNIKASI, namun tidak urung beberapa fitur canggih dalam PONSEL apakagi jenis "smart" alias telepon pintar sering dimanfaatkan untuk tujuan yang tidak baik oleh para siswa atau pelajar sekolah. Perlu diadakan RAZIA secrara berkala atas tas siswa siswi nya. Jika perlu dilakukan pembinaan kepada mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih motivasinya mas Asep...

      Hapus
  8. sebenernya sih larangan itu ada baiknya dan ada buruknya mas..
    Baiknya : siswa tidak akan terganggu belajarnya . dan bisa fokus dengan pelajaran
    Buruknya : kalau ada apa apa di rumah atau di mana saja pada kluarga siswa, siswa tidak bisa di hubungi langsung, dan siswa juga tidak bisa nyari contekan di google hahahha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar juga mas. Ada sisi positif dan negatifnya namun solusinya mungkin ponsel anak di titipkan di guru piket atau ruang majelis guru kali ya mas?

      Hapus
  9. tehnologi komunikasi sekarang semakin canggih,,dan memiliki beberapa manfaat..salah satunya adalah dengan ponsel..bisa mengetahui keberadaan sang anak...tentunya pihak sekolah harus bijak saat mengeluarkan peraturan...agar tak ada yang dirugikan....keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas Hari...Yang penting produk teknologi tidak membuat anak terganggu belajarnya di sekolah ya mas?

      Hapus
  10. setuju sekali mas, jmn skrg anak SD aja udh nenteng hape, lain dgn jamanku msh sekolah dulu, mending kalo hapenya digunain hanya utk nelpon atw SMS aja, kalo digunain utk yg gal bnr, gimana tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan kesempatan untuk menggunakan hp untuk yang nggak benar pada anak semakin berkurang mas....

      Hapus
  11. Waktu lagi Theater seblum theater pas guru ngasih pengarahan tmn ku hp nya bunyi dan sekelas langsung diem.... dan guruku langsung nannya kenapa bawa hp dll. Dan debat lama akhirnya hp nya di sita dan di ambil WAJIB sama orangtuanya

    BalasHapus