Mata Manusia Identik dengan Kamera (?)

Mata manusia identik dengan kamera – Mata termasuk salah satu nikmat dan karunia Allah SWT disamping banyak nikmat yang lainnya. 

Dengan mata normal (emetrop)  kita dapat melihat keindahan alam secara sempurna. Tentu saja nikmat ini membuat kita lebih bersyukur atas nikmat tersebut.

Di balik nikmat kesempurnaan, ternyata mata manusia memiliki keunikan. Dari segi fungsinya, ada bagian-bagian mata manusia yang identik dengan sebuah kamera. Artinya, fungsi bagian mata tersebut nyaris nyama dengan fungsi bagian sebuah kamera.

Bagian-bagian mata yang mungkin perlu diketahui adalah:


mata,manusia,kamera

a.Kornea

Kornea berfungsi untuk melindungi mata. Bagian ini tembus pandang, menjaga mata agar tetap bening dan bersih. Sebagai pembersih adalah air mata yang berasal dari kelenjar air mata.

b.Cairan aqueus

Cairan ini menjadi bantal kornea mata bagian belakang. Berfungsi untuk membentuk proses pembiasan caharya (refraksi) yang masuk ke mata sehingga bayangan dapat dipusatkan pada lensa mata.

c.Iris

Iris (selaput pelangi) merupakan selaput berwarna yang terdapat pada bagian belakang kornea mata. Warna mata kita yang sekarang ini ditentukan oleh pigmen iris mata. Warna mata orang Indonesia pada umumnya berwarna coklat kekuningan.

d.Pupil

Bagian ini terdapat pada bagian tengah iris, dapat mengecil atau membesar secara otomatis. Hal ini tergantung pada ada atau tidak cahaya yang masuk menuju mata. Ketika cahaya terang pupil mata akan mengecil. Begitu sebaliknya, akan membesar pada saat gelap. Fungsi pupil ini identik dengan fungsi diafragma pada sebuah kamera.

e.Retina

Retina merupakan selaput yang mengandung sel-sel indra yang berfungsi sebagai layar terbentuknya bayangan benda. Fungsi ini hampir sama dengan fungsi pelat film pada kamera.

f.Lensa kristalin

Lensa ini berfungsi untuk memfokuskan terbentuknya bayangan pada retina. Bagian ini dapat mencembung atau memipih secara otomatis. Hal ini tergantung pada jarak benda yang dilihat.

Fungsi lensa kristalin mirip dengan bagian untuk memokuskan bayangan pada pelat film. Namun pada kamera dilakukan secara manual, yaitu dengan memajukan atau memundurkan lensa kamera.

Semoga dapat membuka inspirasi kita semua.  

Share this :

0 Response to "Mata Manusia Identik dengan Kamera (?)"

Poskan Komentar