Memulai Belajar dengan Semangat Baru

Memulai belajar dengan semangat baruTahun pelajaran baru setiap tahunnya berlangsung efektif mulai akhir juli atau awal bulan Agustus. Bagi siswa baru di jenjang sekolah tertentu, tahun ajaran baru akan dimulai dengan kegiatan masa orientasi siswa (MOS). Selebihnya akan memulai belajar sebagaimana biasanya.

Memulai sesuatu yang baru bagi siswa sangatlah menyenangkan. Duduk di kelas baru, buku dan perlengkapan sekolah baru (barangkali), situasi kelas yang baru dan lain sebagainya yang serba baru.

belajar,semangat belajar
Yang lebih penting lagi adalah semangat baru untuk belajar lebih giat lagi dari tahun sebelumnya. Permulaan yang bagus akan menentukan bagaimana proses belajar selanjutnya. Jika dimulai dengan semangat baru maka proses berikutnya akan tetap bersemangat.

Kondisi semangat baru sesungguhnya didasari oleh keadaan fisik dan mental. Bagaimana jika tahun ajaran baru seusai melaksanakan puasa ramadhan? Berpuasa, termasuk puasa bulan ramadhan, akan membuat tubuh sehat dan fikiran jernih. 

Tubuh akan sehat setelah proses pencernaan makanan di tubuh disehatkan secara alami. Fikiran akan sehat setelah disirami oleh nilai-nilai ibadah selama bulan puasa.

Sejauhmana dampak puasa bulan ramadhan, akan terlihat ketika siswa memulai tahun pelajaran baru dengan semangat baru. Perilaku yang kurang baik sebagai siswa akan berubah menjadi lebih baik dari masa sebelumnya. Sebab, puasa termasuk wahana untuk mengubah karakter seseorang menjadi lebih berkembang.

Semoga siswa benar-benar bersemangat belajar untuk meraih hasil belajar yang optimal di tahun pelajaran setiap tahun pelajaran baru.

Share this :

0 Response to "Memulai Belajar dengan Semangat Baru"

Poskan Komentar