Mengenal Organ Reproduksi pada Pria

Mengenal organ Reproduksi pada manusia – Organ reproduksi manusia hampir sama dengan alat reproduksi mamalia. Alat reproduksi pria menghasilkan spermatozoa yang dibentuk di dalam testis. Sedangkan wanita menghasilkan sel telur yang dibentuk di dalam ovarium.

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas sistem reproduksi manusia yang melibatkan alat-alat (organ) reproduksi yang unik. Alat-alat reproduksi tersebut, kususnya pria akan dibahas pada kesempatan ini.

Berdasarkan jenis kelamin, manusia dapat dibedakan menjadi pria dan wanita. Masing-masingnya mempunyai organ (alat)  reproduksi yang berbeda. Alat-alat reproduksi utama  pada pria adalah:

organ,reproduksi,organ reproduksi

a.Testis

Testis termasuk alat kelamin dalam. Istilah lain dari testis adalah gonad jantan. Jumlahnya sepasang dan memiliki banyak tubulus semiminiferus.Testis berfungsi untuk menghasilkan sel sperma dan hormon kelamin (testosteron). Terdapat dalam kantong buah zakar (skrotum).

b.Vas defferens

Selain vas deferens, saluran pada kelamin pria terdapat epididimis, berupa saluran panjang dan berkelok-kelok yang keluar dari testis. Fungsinya tempat pematangan sel sperma. Lanjutan saluran ini adalah saluran vas deferens, saluran yang menghubungkan testis dengan kantong sperma.

c.Kantong sperma

Sesuai namanya, maka kantong sperma berfungsi untuk menampung sel sperma sebelum dikeluarkan dari tubuh.

d.Penis

Penis termasuk alat kelamin luar. Fungsi penis adalah sebagai uretra untuk menyalurkan urine dan sperma keluar dari tubuh pria.

Demikian sekilas uraian tentang organ reproduksi pada pria. Selanjutnya pada kesempatan lain akan dibahas alat reproduksi wanita. Terima kasih.
Share this :

4 Responses to "Mengenal Organ Reproduksi pada Pria"

  1. trus hubungannya sama gambar buah nangka itu apa coba?
    #bingung nih mas#hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya juga jadi bingung kalo ditanya, mas Yanto...Lebih bingung lagi cari gambar yang pas dengan organ reproduksi pria...hehehe.

      Hapus
  2. organ reproduksi pada pria bentuknya seperti nangka muda ya pak, krn gambarnya nangka muda hehehe :D makasih penjelasannya jd tahu saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...nggak koq buk Indri. Kbetulan lagi ketemu gambar nangka muda, jadinya sedikit berilusi, buk...

      Hapus