Pemberdayaan Peran Komite Sekolah

Pemberdayaan peran komite sekolah - Komite sekolah memang sebuah wadah mandiri di tingkat satuan pendidikan, tidak memiliki kantor namun memiliki struktur tertentu di sekolah. 

Urusan komite sekolah memang tak luput dari sumberdaya dana dari orang tua/wali murid. Akan tetapi peran lembaga ini seyogyanya lebih terfokus pada apa yang telah digariskan dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 

Pasal 56 butir (3) menyebutkan bahwa:

“Komite sekolah/madrasah, sebagai lembaga mandiri, dibentuk dan berperan dalam meningkatkan mutu pelayanan dan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan”.
pemberdayaan,komite sekolah,peran

Orang-orang yang duduk dalam kepengurusan komite tentulah yang mengerti dengan seluk beluk komite sekolah dan fungsinya. Ini bertujuan agar komite sekolah benar-benar dapat berfungsi untuk mendukung peningkatan mutu pelayanan terhadap sekolah. 

Tidak dianggap sebagai lembaga yang mengurus uang sumbangan atau iuran melulu. Baca: Komite Sekolah Identik dengan Uang (?)

Pihak sekolah berperan penting dalam memberdayakan peranan komite sekolah. Melibatkan mereka dalam berbagai kegiatan sekolah tanpa harus khawatir dan curiga akan diawasi segala gerak gerik pihak sekolah dalam melaksanakan proses pendidikan.

Keberadaan komite sekolah identik dengan sistem ketatanegaran dimana komite sekolah berperan sebagai lembaga legislatif dan pihak sekolah sebagai eksekutif. Pelaksanaan pengawasan terhadap pihak sekolah bukan berarti campur tangan yang lebih dalam terhadap sekolah. 

Melainkan pelayanan secara maksimal sebagaimana yang diamanatkan UU SPN.

Komite sekolah harus meningkatkan kualitas pelayanan dalam memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan terhadap penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

Agar komite sekolah lebih memberdayakan perannya, maka orang tua/wali murid perlu mendapat pencerahan yang jujur dan lugas tentang kebijakan komite sekolah dan pihak sekolah. 

Ini akan dapat meningkatkan pandangan dan kredibilitas komite sekolah di mata orang tua/wali murid.

Selain itu, perlu adanya komunikasi dan transparansi kepada orang tua/wali murid dan pihak sekolah dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Prinsip ini akan dapat meningkatkan kredibilitas komite sekolah di mata orang tua/wali murid khususnya dan masyarakat pada umumnya. 

Share this :

18 Responses to "Pemberdayaan Peran Komite Sekolah "

  1. semoga dengan adanya komite sekolah ini bisa mendukung dalam meningkatkan mutu pelayanan terhadap sekolah yah mas Uda, makasih sharingnya nih :)

    BalasHapus
  2. mantap gan artikel nya..
    salam kenal gan..
    kunbal yee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih dan salam kenal balik, mas. Segera ke TKP...

      Hapus
  3. yang terpenting terbuka untuk semuanya saja
    agar anak didik merasa nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas. Prinsip keterbukaan menjadi teladan karakter bagi anak-anak di sekolah...

      Hapus
  4. semoga komite sekolah ini bisa membantu dalam peningkatan mutu siswanya ya mas...

    BalasHapus
  5. komite sekolah sangat besar peranannya bagi kemajuan sekolah ya pak :) makasih pencerahannya :)

    BalasHapus
  6. harusnya memang begitu, harus lebih transparan, terbuka kepada masyarakat banyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sehingga tidak ada lagi yang saling curiga, mas Intan...

      Hapus
  7. Hehe kalau masalah komite kayaknya nanti aja deh ah!
    soalnya kometi saya disekolah lum lunas hihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, memang sulit mencari yang lunas. Ntar aja dilunasin sama saya ya mas...hehehe.

      Hapus
  8. Ya sebenarnya secara ndak langsung para orang tua sudah mempercayakan di awal anaknya masuk dlm lingkungan satu sekolah..

    Jadi tujuan dan programnya semata memang buat sekolah kan ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Pur...Orang tua sudah mempercayakan pada wakilnya di komite untuk membantu kelancaran penyelenggaraan pendidikan di sekolah...

      Hapus
  9. Selama ini yang saya temua, Komite Sekolah hanya sebagai penghias sekolah saja, tidak diberdayakan sebagaimana seharusnya, praktis komite hanya jadi tukang stempel apabila ada berkas yang harus ada ttd komite sekolah
    http://dont-loader.blogspot.com/2014/08/ccleaner-4164763-freeware.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja kenyataan ini menjadi bahan inspirasi bagi orang tua/wali murid jika terpilih menjadi pengurus atau anggota komite untuk tahun berikutnya. Sebab, peraturan tentang fungsi dan peran komite sekolah sudah diatur dalam undang-undang dan keputusan menteri, mas...

      Hapus