Sistem Reproduksi pada Manusia

Sistem reproduksi pada manusia – Matrapendidikan.com kembali menghadirkan artikel pendidikan yang berkaitan dengan materi pelajaran IPA-Biologi. Pada bagian ini akan dibahas sistem reproduksi pada manusia secara umum.

Reproduksi pada manusia melibatkan sebuah sistem terorganisir dengan rapi. Hal ini dapat dimaklumi karena manusia adalah makhluk yang sempurna. Diberi bentuk fisik yang bagus dan lengkap oleh Allah SWT. Tidak itu saja, manusia juga mempunyai akal dan fikiran yang waras.

Sebagai sebuah sistem, reproduksi manusia mencakup: (a).alat-alat (organ)  reproduksi yang unik, (b).proses reproduksi yang menakjubkan, dan (c).juga mengalami kelainan/gangguan pada sistem reproduksi tersebut. Yang terakhir ini, tidak semua manusia yang mengalaminya.

reproduksi,sistim reproduksi,manusia

Reproduksi merupakan sebuah proses terbentuknya individu baru dari spesies tertentu. Agar tidak punah, maka setiap spesies  harus melakukan proses reproduksi.Jika tidak melakukan reproduksi maka spesies tersebut akan mengalami kepunahan atau kelangkaan.

Seandainya manusia sudah enggan untuk melakukan reproduksi besar kemungkinannya spesies manusia itu akan punah lama kelamaan. Faktanya tidak demikian. Spesies manusia berkembang biak dengan sangat pesatnya. 

Organ-organ reproduksi manusia berfungsi secara normal sehingga proses reproduksi berjalan lancar.

Faktor keamanan dan kesehatan merupakan dua di antara sekian faktor yang  menjamin lestarinya spesies manusia di muka bumi. Kenapa tidak? 

Mulai dari janin sampai lahir dan hidup mandiri, mendapat pengamanan dan jaminan pemeliharaan kesehatan dari orang tuanya. Sehingga individu (anak) dapat tumbuh dan berkembang secara baik. 

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »