Tantangan Hebat Pendidikan Karakter

Tantangan hebat pendidikan karakter – Di media masa cetak, elektronik dan jaringan, terlalu sering kita saksikan pola bertingkah dan berbicara orang dewasa sungguh menggelikan. 

Dalam forum atau diskusi, mereka menunjukkan cara bicara yang kurang bagus di hadapan orang banyak, termasuk anak. Misalnya berbicara penuh emosi, berebut bicara, saling menuding dan menghujat.

Anak-anak sudah pandai menilai, zaman sekarang orang dewasa sudah mulai berani bicara sesuka hati di depan publik. Mereka pasti bukan orang sembarangan. Justru orang-orang tergolong intelektual.  Intelektual saja sudah begitu ngomongnya apalagi orang awam?

tantangan,pendidikan,karakter

Itu hanyalah salah satu tantangan dalam mengembangkan pendidikan karakter anak. Bagaimana karakter anak akan tumbuh dengan baik jika orang deawasa tidak memberikan tauladan kepada calon pemimpin bangsa untuk sekian tahun mendatang?

Di lembaga sekolah dan pendidikan formal, lingkungan masyarakat dan lingkungan keluarga. Anak-anak diajari bagaimana bersikap dan bertingkah laku serta berbicara. Terhadap orang yang lebih kecil, terhadap kawan seusia dan terhadap orang yang lebih tua.

Menumbuhkembangkan karakter baik pada anak tidaklah semudah membalik telapak tangan. Meskipun tugas tersebut tidak hanya di tangan orang tua, pihak sekolah dan lingkungan masyarakat di mana berada. 

Orang tua berusaha sebaik mungkin menumbuhkembangkan karakter baik pada anak melalui contoh dan keteladan. Begitu pula melalui lembaga pendidikan di sekolah

Nilai-nilai karakter ditanamkan kepada peserta didik melalui mata pelajaran yang ada. Namun lingkungan sangat mempengaruhi tumbuhkembangnya karakter anak tersebut.

Share this :

11 Responses to "Tantangan Hebat Pendidikan Karakter "

  1. He he... ayah dan anak kompak banget..
    Good momen :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, itu si bungsu yang sekarang udah kelas 3, mas Pur...

      Hapus
  2. memang betul mas Uda lingkungan akan sangat mempengaruhi karakter si anak dalam perkembangannya, karena itu kita harus bisa membimbing anak-anak untuk berada di lingkungan yang baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja kita berusaha mengkondisikan lingkungan anak tersebut menjadi baik melalui bimbingan dalam menerima informasi cetak maupun elektronik dan jaringan ya mas Eka. Terima kasih.

      Hapus
  3. Pendidikan karakter memang harus ditanamkan dari sejak dini ya pak mulai dari peran kedua orang tua, sodara serta lingkungan. Baik buruknya lingkungan masyarakat berpengaruh terhadap karakter anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Marnes. Faktor lingkungan memang perlu diwaspadai dalam mengembangkan karakter baik pada anak.

      Hapus
  4. untuk itu, anak2 perlu pengawasan ortu ketika menonoton tayangan yg ada ditelevisi ...

    Salam dari brebes .... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mas Fiu. Pengawasan menjadi hal penting dilakukan ortu saat menerima informasi elektronik , termasuk media cetak dan jaringan...Terima kasih, mas.

      Hapus
    2. sama2 ...

      Salam SUkses Mulia ... :)

      Hapus
  5. pendidikan karakter memang sebenernya yang lebih berperan adalah orang tua di rumah kalo menurut saya soalnya kan anak itu lebih kebanyakan di rumah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Defa benar banget. Sebagian besar waktu anak memang lebih banyak berinteraksi dengan ortu sehingga memungkinkan pengawasan yang lebih baik terhadap pengaruh lingkungan. Terima kasih mbak Defa.

      Hapus