Tips Mempersiapkan Kegiatan Belajar Pasca Libur Semester

Tips mempersiapkan kegiatan belajar pasca libur semester – Banyak orang berasumsi bahwa segala sesuatu yang dipersiapkan dengan baik, akan mengantarkan sesorang untuk mencapai hasil secara optimal. Tentu saja asumsi ini cukup beralasan. Persiapan yang baik menjadi langkah strategis dalam mengantisipasi segala kemungkinan gangguan dalam mencapai hasil yang diinginkan.

Jarang kita dengar seseorang sukses meraih sesuatu prestasi tanpa melalui persiapan yang matang. Ini dapat dimaknai, persiapan yang baik akan mengantarkan seseorang untuk menuju tangga kesuksesan. Tentunya tidak terkecuali untuk mencapai kesuksesan dalam meraih prestasi belajar di sekolah.

Berkaitan dengan hal itu, siswa saat ini sedang menjalani masa liburan semester ganjil. Libur sekolah rata-rata hanya sekitar seminggu. Tidak cukup panjang waktunya bagi siswa untuk menjalani masa liburan, apalagi untuk pergi liburan ke tempat yang jauh.



tips,mempersiapkan,kegiatan belajar

Masa liburan pendek mengharuskan pelajar untuk bersiap-siap menghadapi semester genap di awal tahun baru ini. Bagaimana mempersiapkan kegiatan belajar pasca masa liburan? Coba simak tips simpel berikut ini.

1.Berniat dan bertekad untuk lebih baik

Hasil belajar semester ganjil sudah diterima oleh siswa. Jika hasil belajar yang diperoleh belum memuaskan, tentu saja siswa berniat dan bertekad untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

Berniat dan bertekad memulai awal semester dengan baik. Tidak akan menambah atau memperpanjang sendiri masa libur yang sudah ditetapkan. Di hari pertama sekolah harus datang lebih awal. Jika selama ini sering lalai belajar atau bolos dan terlambat datang ke sekolah. Berniat dan bertekadlah untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.

Selain dari itu, siswa juga harus bertekad untuk meningkatkan porsi waktu untuk belajar di rumah. Memperbanyak alokasi waktu membaca buku atau mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

2.Bangkitkan semangat belajar

Semangat belajar seorang siswa sangat menentukan bagaimana aktivitas proses belajar yang diikutinya. Jika siswa belajar dengan penuh semangat maka proses belajar berjalan baik. Ini akan mengantarkan siswa untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan pada akhir semester. Oleh sebab itu sangatlah penting agar siswa selalu memperbaharui semangat belajarnya. 
Baca: Belajar dengan Semangat Baru

3.Persiapan fisik

Persiapan fisik merupakan persiapan menyangkut peralatan dan perlengkapan sekolah. Peralatan sekolah antara lain buku catatan untuk pelajaran, alat tulis dan alat lainnya yang diperlukan. Begitu pula perlengkapan lainnya, seperti; tas sekolah, seragam sekolah, sepatu dan kaos kaki, dan perlengkapan lainnya.

4.Mohon restu orangtua

Sering terlupakan oleh siswa untuk meminta restu dan doa kedua orangtua sebelum memulai kegiatan belajar. Aktivitas anak menjalani kehidupan, termasuk belajar, sangat ditentukan oleh restu dan doa kedua orangtua siswa. Namun setelah memulai belajar di sekolah, siswa perlu juga meminta restu dan doa para guru di sekolah. 

Jadi persiapan psikis dan fisik sangat penting dilakukan oleh siswa untuk memulai kegiatan belajar di sekoalah. Mudah-mudahan dengan persiapan ini langkah siswa untuk meningkatkan hasil belajar terwujud.

Share this :

0 Response to "Tips Mempersiapkan Kegiatan Belajar Pasca Libur Semester"

Poskan Komentar