Analisis Fungsi Sel Saraf Manusia

Analisis Fungsi Sel Saraf Manusia

Analisa fungsi sel saraf manusia -  Sistem saraf merupakan bagian dari sistem koordinasi pada organ tubuh manusia. Berperan penting dalam menanggapi impuls (rangsangan) yang berasal dari dalam maupun luar tubuh manusia. 


analisa sel,sel saraf,saraf manusia
Manusia dapat menyesuaikan diri dan menanggapi perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya. 
Baca juga : Dahsyatnya Sistem Koordinasi pada manusia
Sistem saraf mengatur dan mengendalikan hampir seluruh kegiatan yang dilakukan oleh organ tubuh. Kerja organ tubuh seperti mata, telinga, hidung, kulit dan lidah, diatur dan dikendalikan oleh sistem saraf supaya dapat bekerja dengan baik dan teratur.


Bahkan kegiatan tubuh yang tidak disadari, seperti denyut jantung dan kecepatan pernapasan, juga diatur dan dikendalikan oleh sistem saraf. Begitu pula dengan kegiatan yang disengaja seperti menulis artikel di komputer, mengklik iklan yang ada pada blog, dan lain sebagainya.

Neuron (sel saraf) merupakan unit terkecil dari sistem saraf. Sebagai unit terkecil, sel saraf terdiri atas bagian-bagian tertentu dan mempunya fungsi tertentu pula. Bagian-bagian utama sebuah sel saraf adalah:

(a).Badan sel saraf

Merupakan bagian sel saraf yang paling besar. Berfungsi sebagai media untuk bagian sel saraf yang lainnya seperti inti sel dan sitoplasma. Inti sel (nukleus) berfungsi untuk mengatur seluruh aktivitas sel saraf. Mitokondria yang ada pada sitoplasma berfungsi untuk membangkitkan energi bagi sel saraf untuk membawa pesan rangsangan.

(b).Inti sel saraf (nukleus)

Terdapat di dalam badan sel saraf dan berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan seluruh aktivitas yang terjadi pada sel saraf.

(c).Dendrit (tonjolan sitoplasma)

Merupakan cabang-cabang sel saraf yang berfungsi untuk menerima dan meneruskan impuls (rangsangan) ke badan sel.

(d).Akson

Berfungsi untuk membawa pesan rangsangan meninggalkan badan sel saraf ke bagian sel saraf atau jaringan lainnya. Di dalam akson terdapat neurofibril (benang-benang halus) yang dibungkus oleh selubung mielin. Itu sebabnya akson ini mirip sebuah kabel listrik.

Posting Komentar