Analisis Fungsi Sel Saraf Manusia

Analisa fungsi sel saraf manusia -  Sistem saraf merupakan bagian dari sistem koordinasi pada organ tubuh manusia. Berperan penting dalam menanggapi impuls (rangsangan) yang berasal dari dalam maupun luar tubuh manusia. 

Manusia dapat menyesuaikan diri dan menanggapi perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya. Baca juga : Dahsyatnya Sistem Koordinasi pada manusia

Sistem saraf mengatur dan mengendalikan hampir seluruh kegiatan yang dilakukan oleh organ tubuh. Kerja organ tubuh seperti mata, telinga, hidung, kulit dan lidah, diatur dan dikendalikan oleh sistem saraf supaya dapat bekerja dengan baik dan teratur.

analisa sel,sel saraf,saraf manusia

Bahkan kegiatan tubuh yang tidak disadari, seperti denyut jantung dan kecepatan pernapasan, juga diatur dan dikendalikan oleh sistem saraf. Begitu pula dengan kegiatan yang disengaja seperti menulis artikel di komputer, mengklik iklan yang ada pada blog, dan lain sebagainya.

Neuron (sel saraf) merupakan unit terkecil dari sistem saraf. Sebagai unit terkecil, sel saraf terdiri atas bagian-bagian tertentu dan mempunya fungsi tertentu pula. Bagian-bagian utama sebuah sel saraf adalah:

(a).Badan sel saraf

Merupakan bagian sel saraf yang paling besar. Berfungsi sebagai media untuk bagian sel saraf yang lainnya seperti inti sel dan sitoplasma. Inti sel (nukleus) berfungsi untuk mengatur seluruh aktivitas sel saraf. Mitokondria yang ada pada sitoplasma berfungsi untuk membangkitkan energi bagi sel saraf untuk membawa pesan rangsangan.

(b).Inti sel saraf (nukleus)

Terdapat di dalam badan sel saraf dan berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan seluruh aktivitas yang terjadi pada sel saraf.

(c).Dendrit (tonjolan sitoplasma)

Merupakan cabang-cabang sel saraf yang berfungsi untuk menerima dan meneruskan impuls (rangsangan) ke badan sel.

(d).Akson

Berfungsi untuk membawa pesan rangsangan meninggalkan badan sel saraf ke bagian sel saraf atau jaringan lainnya. Di dalam akson terdapat neurofibril (benang-benang halus) yang dibungkus oleh selubung mielin. Itu sebabnya akson ini mirip sebuah kabel listrik.

Share this :

8 Responses to "Analisis Fungsi Sel Saraf Manusia"

  1. Pentingnya peran sel saraf pada manusia ya mas!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas. Tanpa kita sadari ternyata segala aktivitas melibatkan sistem dan sel saraf.

      Hapus
  2. Memang vital banget ya mas.. satu terganggu dampaknya bisa nyebar kemana2.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya memang begitu mas...Itu sebabnya dikatakan sebagai sebuah sistem. apabila salah satu komponen terganggu, sistem lainnya akan ikut terganggu...

      Hapus
  3. Ternyata sel sataf itu sangat penting ya, izin baca-baca gan untuk nambah pengtahuan

    BalasHapus
  4. otak saya gag mampu menghapal yang ini da, mungkin saranya kurang kuat ya da..banyak ternyata bagian-bagian utama sel saraf.. =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak juga kok Uda Redo. Kemampuan menghafal setiap orang memang ditakdirkan berbeda-beda...

      Hapus