Fungsi Sekolah Terhadap Peserta Didik

Fungsi sekolah terhadap peserta didik - Sekolah merupakan lembaga yang membantu menumbuhkembangkan potensi dasar yang dimiliki oleh peserta didik. Tidak hanya dalam aspek intelektual, namun matra sikap dan tingkah laku serta keterampilan motorik, mutlak untuk dikedepankan.

Sekolah bukan hanya sekadar untuk memberi nilai akademis kepada peserta didik. Lembaga ini berfungsi memberikan pelayanan dan bimbingan kepada murid dalam berbagai matra pendidikan; kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil dari proses bimbingan dan layanan tersebut  dilaksanakan dalam penilaian yang akurat, realistis dan berkesinambungan.

fungsi,lembaga,sekolah

Di sisi lain, siswa bersekolah tidak hanya sekadar mencari nilai bagus di rapor atau ijazah. Sehingga cara apapun dilakukan untuk memperoleh nilai. Mencontek dan mengecoh guru saat ulangan. Merupakan contoh untuk memperoleh nilai dengan cara instant. Jika hanya itu yang menjadi motif siswa untuk bersekolah tentu saja sia-sia. Baca juga: Untuk Apa Siswa Sekolah?

Sesungguhnya nilai rapor itu tidak banyak menolong siswa ketika terjun ke tengah masyarakat. Jika berkiprah di lingkungan sosial masyarakat, orang tak pernah menanyakan berapa nilai rapor atau ijazah waktu sekolah. Sebaliknya, yang ditanya dan dilihat orang adalah cara fikir, berbicara, sekap dan tingkah laku serta keterampilan lulusan sekolah sebagai lembaga pendidikan.

Yang paling bermanfaat bagi siswa adalah hasil belajar yang diperoleh siswa dalam berbagai matra di lembaga sekolah, benar-benar menjadi miliknya. Artinya, layanan dan bimbingan yang diberikan sekolah, dirasakan manfaatnya oleh peserta didik. Dapat membantu siswa  dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan masyarakat maupun dalam dunia kerja.

Share this :

0 Response to "Fungsi Sekolah Terhadap Peserta Didik"

Poskan Komentar