Guru Sebagai Peneliti dalam Pendidikan

Guru sebagai peneliti dalam pendidikan – Seorang guru adalah praktisi dalam dunia pendidikan. Melaksanakan serangkaian proses pembelajaran, di dalam ruang maupun luar ruangan kelas. Proses itu dimulai dari sebuah perencanaan dan diakhiri dengan penilaian atau evaluasi.

Penilaian terhadap proses pelaksanaan tugas guru sesungguhnya tidak hanya oleh pihak luar. Dalam hal ini, katakanlah kepala sekolah atau pengawas dari dinas yang terkait. Justru guru sendiri juga berkepentingan dalam melakukan penilaian sendiri.

Penilaian itu ditujukan terhadap proses maupun hasil pembelajaran melalui penelaahan dan penelitian langsung. Artinya, guru bersangkutan menyadari ada masalah dan guru tersebut juga yang akan melakukan tindakan untuk memecahkan masalah pembelajarannya secara mandiri.

guru,peneliti,pembelajaran

Ternyata, guru itu juga seorang peneliti di samping praktisi pendidikan. Penelitian yang dilakukan guru bersifat internal. Dilakukan dalam lingkup kelas dan konteks pembelajaran. Penelitian ini dikenal dengan istilah penelitian tindakan kelas, disingkat PTK.  

Dasar pelaksanaan PTK sangat sederhana. Guru menyadari ada masalah dalam menjalankan proses pembelajaran. Masalah tersebut sangat mengganggu. Selain itu, masalah itu sangat perlu diselesaikan atau dicarikan jalan keluarnya.

Selama ini, guru juga telah menyadari bahwa pembelajaran memiliki berbagai persoalan dan permasalahan. Hanya saja, guru tidak sempat mencatat, mengagendakan, serta mengambil tindakan penyelesaian masalah secara terstruktur dan teradministrasi.

Konsep PTK menghendaki adanya pengagendaan berbagai masalah mengganjal yang dialami oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran. Setelah itu dilanjutkan dengan rencana penyelesaian masalah dalam bentuk tertulis maupun tidak. 

Kemudian guru mencoba menerapkan tindakan apa yang telah ditetapkan untuk mengatasi masalah. Terakhir, guru merefleksi atau melihat bagaimana hasil tindakan yang telah diterapkan. 

Jika masih belum menuntaskan masalah, maka guru perlu menyusun tindakan berikutnya. Akhirnya, PTK itu menjadi sebuah siklus yang berkelanjutan.

Kesimpulannya, PTK itu dilaksanakan secara mandiri oleh guru untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran maupun hasil pembelajaran. PTK tidak sama dengan penelitian pada umumnya dimana tujuannya untuk menguji hipotesis. 

Akan tetapi PTK merupakan upaya mandiri untuk menyelesaikan masalah aktual pembelajaran yang dialami oleh masing-masing guru.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »