Lindungi Anak dari Produk Kadaluarsa

Lindungi anak dari produk kadaluarsa – Makanan dan minuman dipercaya menjadi salah satu faktor penentu kecerdasasan anak. Oleh sebab itu para orang tua saling berpacu untuk memberikan bahan pangan mengandung nutrisi yang cukup.

Bahan pangan yang lebih instant tersedia dalam bentuk produk dijual di pasaran. Kemasannya bagus dan menarik selera konsumen. Lebih dari itu, jenis produk di pasaran dinilai lebih sehat dan kaya akan gizi. Mudah untuk disajikan dan disuguhkan kepada anak.

lindungi,anak,produk,kadaluarsa

Namun demikian orang tua perlu lebih berhati-hati memilih bahan pangan yang di jual di pasaran. Tujuannya adalah melindungi anak dari efek samping bahan pangan  tersebut. Niat orang tua memasok nutrisi untuk anak namun yang di dapat adalah penyakit atau keracunan yang dialami oleh sang anak.

Sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya orang tua memperhatikan dengan seksama makanan atau minuman yang tersedia di toko atau swalayan. Teliti sebelum membeli. Motto ini ternyata ada benarnya dan harus diterapkan oleh konsumen.

Yang perlu diperhatikan adalah keterangan yang tertera pada kemasan produk. Keterangan itu menyangkut batas tanggal kadaluarsa (expired) yang tercantum pada produk. Jika sempat terbeli dan dikonsumsi oleh anak akan menimbulkan keracunan.

Selain itu, orang tua juga perlu juga memperhatikan kemasan produk. Apakah kemasan bahan pangan tersebut masih bagus atau telah rusak. Misalnya, produk yang dikemas dalam kaleng akan mengalami perkaratan atau menggembung. Ini membuktikan telah terjadi reaksi kimia oleh mikroba patogen sebagai dampak sampingan proses fermentasi.

Ketelitian orang tua memilih dan membeli produk yang dijual di pasaran. Adalah salah satu tindakan bijaksana dalam melindungi anak. Terutama dari ancaman bahaya penyakit yang bersumber pada bahan pangan kadaluarsa.
Share this :

16 Responses to "Lindungi Anak dari Produk Kadaluarsa"

  1. setuju ....ajarkan anak-anak kita untuk teliti dan periksa terlebih dahulu tanggal kadaluwarsanya, karena d pasar swalayan mall pun terkadang mash banyk produk kadaluwarsa yg masih saja di jual ..

    BalasHapus
  2. Paling tidak harus selalu melihat tanggal kadaluwarsa dalam kemasan sebelum makanan atau minuman itu dibeli atau disajikan, bukan cuma tanggal kadaluwarsa yang dilihat tapi terkadang ada benda asing yang ikut masuk dalam kemasan tersebut tidak tahu kenapa juga benda asing tersebut bisa berada didalam kemasan makanan atau minuman instan padahal saat pembuatan dipabrik sudah melewati tahapan-tahapan yang semua prosesnya secara automatis baik visual atau manual inspecting, namanya juga error product jadi lebih dipastikan lagi saat mengkonsumsi dilihat secara teliti didalam kemasan tersebut sedikit repot tapi hasilnya bisa lebih maksimal untuk dikonsumsi...nice share uda..thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, begitu ya mbak? Terima kasih juga masukannya. Tapi enggak apa-apa repot asal anak terlindungi dari bahaya sampingan produk di pasaran...

      Hapus
  3. Sudah jadi tali paranti, atau kebiasaan saya selalu waspada terutama
    Pada makanan instan juga kue kemasan, terutama pada label tanggal Tahun
    Kadaluarsa. walau kemasanya masih terlihat rafi dan masih utuh namun
    Untuk Anak dan Keluarga saya, jika sudah kadaluarsa maka saya ndak boleh
    Di makan walaupun sudah terlanjur kebeli Pak Uda. makasih atas infonya *salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mantab mas saud...Ini prinsip yang bagus terhadap makanan kadaluarsa....

      Hapus
  4. bahaya juga klo udh expired,apalagi sampai di konsumsi.. bisa membahayakan kesehatan juga ya :)
    kunjungi balik ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Sob. Bahayanya adalah keracunan yang ditandai dengan diare, pusing,mual-mual....

      Hapus
  5. Agak susah ya untuk mengantisipasi ini. Soalnya kalau anak anak kita kurang paham atau bahkan belum dapat membaca tanggal kadaluarsa suatu produk, mau tidak mau ya orang tua juga yang harus lebih teliti membaca tanggal bulan dan tahun EXPIRE nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul juga ya mas. Apalagi anak usia sekolah dasar yang tidak sempat memikirkan keadaan snack yang mereka beli di sekolah. Mungkin itu pentingnya kita orang tua selalu mengingatkannya, memberi tahu soal tanggal kadaluarsa, mas asep...

      Hapus
    2. nah betul juga kata mas asep, jangankan anak-anak saya sendiri kadang suka teledor setelah membeli produk makanan, dikarenakan belinya ditoko berlebel, tak tahunya tak menjamin toko bagus produk terjamin..

      Hapus
    3. Iya, buk...Itulah dilemanya. Semestinya, toko seperti itu harus memeriksa dan menarik kembali bahan yang sudah kadaluarsa atau yang telah rusak meskipun terlihat bagus...

      Hapus
  6. saya belum punya anak da, tapi tentunya bukan saja untuk anak produk kadaluarsa tapi untuk orang dewasa juga ya da

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, paling tidak menjadi bahan pelajaran buat kita. Untuk anak maupun untuk kita sendiri, berusaha untuk lebih waspada...begitu, Uda redo...

      Hapus
  7. terimakasih udah mengingatkan, jangankan untuk melindungi anak-anak, kita sendiri sering alpa dengan teliti batas kadaluarsa produk yang kita beli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas. Kita hanya bisa berusaha untuk meneliti sebelum membeli...(Disaat kita ingat mas...hehehe...)

      Hapus