Membawa Laboratorium IPA ke Rumah Siswa

Membawa laboratorium IPA ke rumah siswa – Lazimnya, laboratorium IPA dimiliki oleh lembaga pendidikan di sekolah. Suatu unit gedung belajar tempat melakukan kegiatan praktikum bagi siswa. Berkaitan dengan konsep materi pelajaran yang dipelajari secara teori.

Bagi siswa, semestinya laboratorium IPA itu tidak hanya ada di sekolah. Di rumah pun bisa diadakan labor IPA meskipun dalam bentuk sederhana. Yang penting siswa dapat mempraktikkan ilmu yang sudah didapat di sekolah. Pokoknya, yang dibawa pulang dari sekolah oleh siswa tidak hanya seabrek pekerjaan rumah (PR) dan tugas-tugas lainnya…hehehe.

Apakah siswa harus membawa peralatan labor IPA ke rumahnya masing-masing? Itu tidak perlu. Alat dan perlengkapan laboratorium sekolah tidak boleh dibawa pulang. Kecuali ada izin tertulis dari pihak sekolah.

laboratorium,siswa,rumah

Jika siswa mau, pekarangan sempit yang tersedia di rumah pun bisa dijadikan sebagai  laboratorium. Membawa laboratorium IPA ke rumah artinya membawa ilmu dan pengetahuan dari sekolah dan mempraktikkannya di rumah siswa masing-masing.

Memelihara ayam kampung adalah contoh kecil penerapan materi pelajaran teori pada konsep perkembangbikan hewan dan tumbuhan.  Begitu pula dengan bertanam tanaman obat seperti kumis kucing, daun kina, dan lain sebagainya.

Keuntungannya bagi siswa tidak hanya dari segi pemahaman konsep materi pelajaran. Siswa lebih paham akan materi pelajaran di sekolah. Lebih dari itu adalah bisa bernilai ekonomi dan menambah uang jajan siswa.

Sebagai contoh, beternak ayam. Jika mempunyai 2 ekor ayam dan bertelur 2 butir sepagi, itu artinya siswa sudah memperoleh penghasilan lebih kurang Rp.5000 per hari. Kalikan saja jika seandainya ayam bertelur dalam 10 sampai 15 hari, siswa sudah bias meringankan beban orang tua. Untuk jajan di sekolah maupun membeli kebutuhan sekolah lainnnya.

Artikel membawa laboratorium IPA ke rumah siswa diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi siswa sendiri maupun orang tua siswa. Terima kasih.

Share this :

0 Response to "Membawa Laboratorium IPA ke Rumah Siswa"

Poskan Komentar