Seberapa Pentingkah Guru Mengingat Nama Siswa?

Seberapa pentingkah guru mengingat nama siswa? – Apakah seorang guru perlu mengingat nama semua siswa yang ada di kelas yang diajarnya? Jika perlu apa keuntungannya bagi guru dalam menjalankan pembelajaran? Dan, yang lebih penting lagi, bagaimana cara guru berusaha untuk mengingat nama-nama siswanya di dalam kelas?

Perlu atau tidak, tentu saja jawabannya bersifat relatif. Sebagaian guru mungkin merasa perlu dan berusaha mengingat nama semua murid yang berada dalam sebuah kelas. Dengan mengingat semua nama siswa akan berdampak terhadap kelancaran proses pembelajaran, terutama saat mengajukan pertanyaan kepada siswa.

Ketika mengajukan pertanyaan kepada siswa, guru lebih akrab menyebut nama siswa ketimbang menggunakan kata 'kamu' atau 'anda'. Jika ingin menyebut nama siswa, guru tak perlu lagi melihat daftar nama siswa di kelas. Hanya saja, kemampuan guru untuk mengingat nama siswa sangat terbatas. Apalagi bagi guru mata pelajaran yang harus 'terbang' dari satu kelas ke kelas lain dengan jumlah lokal yang banyak.
Baca juga: Keterampilan Proses dalam Pembelajaran

guru,ingat nama,nama siswa

Sebagian lagi, mungkin menjawab tidak perlu! Ingat atau tidak nama siswa yang mereka ajar, tidak berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Jika hendak menyebut nama siswa, untuk menjawab pertanyaan yang akan diajukan, cukup menyebut kata 'kamu' atau 'anda', atau bisa juga melihat daftar nama siswa yang ada di kelas tersebut.

Nah, terlepas dari jawaban perlu atau tidak. Bagi seorang siswa tentu sangat membanggakan, jika guru mereka ingat atau hafal nama mereka. Ketika mengajukan pertanyaan atau beraudiensi dengan siswa, ada nuansa keakraban dan kedekatan yang dirasakan oleh siswa. Siswa merasa dekat secara batin dengan gurunya. Boleh jadi, siswa yang tergolong bandel di kelas akan tereduksi kenakalannya tersebut akibat hubungan batin yang terpaut dengan guru.
Baca kembali: Fenomena Siswa Nakal di Sekolah 

Mengingat nama semua siswa di suatu kelas, memang gampang susah. Namun demikian, lazimnya guru akan mengingat atau hafal nama murid yang 

(a).murid sering membuat masalah di dalam kelas atau di sekolah, 
(b).murid yang berprestasi akademik maupun non akademik, 
(c).murid yang baik dan cantik/ganteng, 
(d).murid yang aktif dalam belajar, 
(e).murid yang rajin bersosialisasi dengan guru
Sebenarnya, berbagai cara yang dapat dilakukan agar dapat mengingat nama siswa secara berangsur-angsur, seperti: 

(a) sering mengecek kehadiran siswa
(b) sering beraudiens dengan siswa
(c) sering mengajukan pertanyaan yang bersifat individu.

Demikian artikel ringan seputar seberapa penting guru mengingat nama siswa dalam pembelajaran. Semoga dapat menjadi bahan inspirasi atau diskusi bagi guru maupun siswa,  bahkan orangtua siswa, dan tentunya sahabat pengunjung yang budiman. Terima kasih.

Share this :

0 Response to "Seberapa Pentingkah Guru Mengingat Nama Siswa?"

Poskan Komentar