Untuk Apa Siswa Sekolah?

Untuk apa siswa sekolah (?) – Artikel ini merupakan bagian pertama dari beberapa tulisan yang memuat seputar sekolah dan belajar. Ide penulisan artikel ini berawal dari jajak pendapat yang admin lakukan kepada siswa. Meskipun sederhana, kiranya cukup menarik untuk diperbincangkan bersama.

Ada hal-hal menarik dari siswa, tatkala kita mengajukan pertanyaan secara mendadak kepadanya. Ketika ditanya, apa tujuan atau untuk apa mereka sekolah. Tentu saja mereka menjawab secara beragam. 

Jawaban itu tak mungkin dimodifikasi atau direkayasa oleh siswa. Misalnya: (a).sekolah itu untuk belajar, (b).sekolah untuk menuntut ilmu, (c).sekolah supaya pintar, (d). dan lain sebagainya.

siswa,sekolah,manfaat

Ada juga yang kebingungan. Ragu-ragu untuk menjawab pertanyaan sederhana tersebut. Entah tidak mengerti maksud pertanyaan yang diajukan atau memang tidak mengetahui tujuan mereka sekolah. Namun yang pasti, mereka terkesan seakan tidak mempunyai motif yang jelas untuk apa mereka bersekolah.

Jawaban yang siswa berikan kepada kita, tentu saja ada benarnya. Hanya saja, apakah mereka memahami  dan meresapi makna dari jawaban tersebut. Jika mereka malas belajar, suka bolos, dan melanggar aturan yang berlaku di sekolah.  

Kita bisa menilai bahwa jawaban itu hanya sekadar di mulut saja. Tidak meresapi tujuan baik sebagaimana yang mereka jawab.

Siswa yang masih ragu, atau tidak memahami untuk apa mereka sekolah. Terkesan bahwa mereka belum mempunyai motif yang kuat untuk belajar. Seperti lazimnya, orang akan melakukan sesuatu tindakan karena memiliki motif-motif tertentu yang ingin dicapai. Dengan demikian mereka berusaha untuk melakukan sesuatu dengan baik untuk mewujudkan keinginannya.

Meskipun demikian, bukan berarti kita menuduh siswa, kalau sekolah itu hanya ikut-ikutan. Mengikuti trend sekolah anak-anak seusia mereka. Menunggu waktu sampai mereka sudah pantas untuk berkeluarga. 

Atau hanya sekadar “mencairkan” uang jajan harian dari orang tua. Kalau tidak bersekolah tidak akan mendapat uang saku dari orang tua.

Share this :

10 Responses to "Untuk Apa Siswa Sekolah?"

  1. sayapun yakin jika mereka mampu menjawab dengan tegas jawabanya tak jauh yaitu " supaya pintar " cari ilmu " haha kurang lebih begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas benar juga... Seandainya itu diterapkan oleh semua siswa, tentu tidak akan ada siswa yang malas atau bolos belajar...

      Hapus
  2. kalau saya yang ditanya jawabannya adalah pengen jadi orang kaya, terhormat, bahagia dunia dan diakherat masuk surga....simpel kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 100 buat mas Cilembu...hehhehe...

      Hapus
  3. klo saya yang di tanya seperti itu. saya akan jawab "biar pinter nggak bego kayak kamu" hahaha

    untuk apa sekolah..?? ya untuk banyak hal selama hidup bahkan sampai mati hehehr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, hebat mas...Bisa jadi generasi yang akan datang jadi pintar semua. Bukan hanya pintar untuk berkelit dan bersilat lidah... hehehe.

      Hapus
  4. yang jelas bahwa siswa sekolah untuk menuntut ilmu dan belajar agar bisa lebih pintar ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau perlu juga menjadi lebih cerdas, mbak Ririn. Soalnya, orang pintar itu sudah banyak di negeri ini, namun sedikit orang cerdas...

      Hapus
  5. kalau saya mungkin jawabnya mau yang umum saja pak, supaya semakin pintar dan nantinya bisa membanggakan orang tua dan berguna bagi nusa dan bangsa hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barangkali, orang tua menjadi dasar utama mengapa kita harus sekolah ya mas? Berbakti dan dapat membanggakan orang tua yang sudah susah payah melahirkan,membesarkan...termasuk menyekolahkan. kalau begitu, siswa akan berpikir lebih dulu untuk maslas belajar, atau bolos sekolah...Terima aksih mas Jery...

      Hapus