Antara Mengajar dan Membelajarkan Siswa

Antara mengajar dan membelajarkan siswa – Ada hal menarik berkaitan dengan keluhaan guru dalam melaksanakan tugas di sekolah. Motivasi belajar anak masih rendah sehingga beresiko menghambat kelancaran pembelajaran. Rendahnya minat siswa untuk belajar dikhawatirkan akan berdampak pada usaha mewujudkan prestasi belajar siswa secara optimal.

Ada dua konsep pemikiran guru dalam pembelajaran. Kedua konsep pemikiran ini bergantung pada orientasi dan sasaran yang hendak dicapai guru. Konsep pemikiran pertama,  guru mengajar siswa. Orientasi dan sasaran yang hendak dicapai adalah hasil belajar akademik semata.

mengajar,membelajarkan,pembelajaran

Konsep Ini merupakan target atasan guru. Hal ini dapat dirasakan oleh guru yang mempunyai atasan yang berorientasi pada target hasil. Maka jangan heran jika guru mendapat teguran ketika  nilai evaluasi murni (NEM) siswa rendah pada mata pelajaran yang diasuhnya.

Memang, itulah resiko jika konsep pemikiran guru berorientasi mengajar untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Guru akan dihadapkan pada berbagai kenyataan, seperti; motivasi belajar yang rendah, sarana belajar yang tidak memadai, dan lain sebagainya. Ini akan membuat guru mengeluh!

Berbeda dengan konsep pemikiran guru membelajarkan siswa. Konsep ini lebih memfokuskan pada bagaimana siswa dapat belajar dengan baik. Belajar sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan yang dimiliki siswa. Setiap siswa akan memiliki potensi yang berbeda dan tidak mungkin diseragamkan melalui pembelajaran yang dijalankan guru.

Guru tidak terlalu terikat dan memikirkan target nilai yang ditetapkan oleh atasannya. Guru berbuat dan bertindak sesuai dengan potensi dan karakter anak. Sarana dan prasarana yang tersedia. Yang penting, bagaimana ia bisa membelajarkan anak.

Rendahnya motivasi belajar anak menjadi sesuatu yang menarik untuk dicarikan pemecahan masalahnya. Bukan mengeluhkan semua itu, apalagi menyalahkan anak, orang tua atau kondisi sekolah yang serba terbatas. Justru, aneka keterbatasan yang dimiliki sekolah akan membuat guru berfikir dan bertindak kreatif.

Share this :

0 Response to "Antara Mengajar dan Membelajarkan Siswa"

Poskan Komentar