Atasi Luka Ringan dengan Daun Betadin

Atasi Luka Ringan dengan Daun Betadin

Atasi luka ringan dengan daun betadin – Kali ini matrapendidikan.com akan berbagi secuil pengalaman keluarga dalam mengatasi luka ringan. Bukan rahasia lagi kalau saat ini keluarga Indonesia sedang melakukan penghematan pengeluaran. 

Sebaliknya meningkatkan prioritas anggaran untuk pendidikan anak. Salah satunya dengan membudayakan tanaman obat untuk keluarga (Toga).

Mungkin Sobat tidak merasa asing lagi dengan tanaman yang satu ini: daun betadin! Tanaman yang daun maupun tangkai daunnya menyerupai ketela pohon. Pola daun menjari, pada pangkal tangkai daun akan mengeluarkan getah yang bening.

Tanaman herbal ini sudah banyak ditemukan di pekarangan atau kebun apotik hidup keluarga. Meskipun daunnya mirip daun ketela pohon, namun tidak lazim digunakan sebagai sayur. Yang dimanfaatkan adalah getah yang keluar dari pangkal tangkai daun. Baca juga: Redakan Sakit Gigi Anak dengan Daun Pepaya

daun betadin,luka ringan,atasi

Digunakan untuk pertolongan pertama pada luka ringan. Misalnya; luka pada kaki atau tangan anak karena terjatuh sehingga lecet. Luka akibat garutan kuku yang terlalu kencang pada kulit, juga bisa diobati dengan getah daun betadin ini. 

Ya, karena keenakan menggarut kulit yang gatal, tanpa disadari menjadi luka dan mengeluarkan darah.

Ambil satu tangkai daun betadin, jangan daun yang terlalu muda atau tua. Lalu, getah yang mengalir pada tangkai daun dioleskan pada luka yang telah dibersihkan. Memang agak perih ketika bagian yang luka diolesi getah betadin. 

Namun keadaan itu berlangsung beberapa menit saja. Setelah itu rasa perih akan hilang dan bagian yang luka bakal sembuh.

Demikian sekelumit cara mengatasi luka ringan dengan memanfaatkan daun betadin. Semoga bermanfaat untuk keluarga Indonesia.

Posting Komentar