Benarkah Jadi Guru Itu Menyenangkan?

Benarkah jadi guru itu menyenangkan? - Menghadapi  anak didik sesungguhnya bukanlah pekerjaan yang mudah dilaksanakan. Banyak tantangan dan hambatan yang akan dihadapi. Terutama sekali berasal dari siswa yang akan diberi pelajaran. Namun tidak tertutup kemungkinan tantangan dan hambatan itu berasal dari diri guru sendiri.

Sebagai pengajar, guru harus mengikuti sistem dan prosedur yang ditetapkan oleh pihak yang berkompeten. Misalnya, guru harus membuat perangkat mengajar yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Perangkat ini tidak hanya untuk kepentingan mengajar melainkan juga sebagai bukti tertulis guru telah melaksanakan tughasnya.

jadi guru,menyenangkan

Dengan perangkat mengajar yang bagus, ternyata belum menjamin seorang guru akan sukses melaksanakan pembelajaran. Program yang telah disusun sedemikian rupa bahkan mendapat acungan jempol, bisa jadi tidak mencapai sasaran. Apa yang diprogramkan tidak dapat dilaksanakan dalam pembelajaran. Apa masalahnya?

Kadang-kadang ketika memulai pembelajaran terpaksa harus berhadapan dengan masalah yang berasal dari siswa yang akan diajar. Guru telah siap mengajar namun siswa belum siap menerima pelajaran. Siswa menunjukkan sikap dan perilaku menyimpang sehingga pembelajaran terkendala. Alhasil program yang telah dibuat oleh guru dengan baik menjadi berantakan.         

Namun demikian banyak juga guru yang melewati proses pembelajaran dengan manis dan menyenangkan. Pembelajaran berjalan lancar dari awal sampai akhir. Meskipun ada kendala dari perilaku siswa yang menyimpang, mengganggu proses pembelajaran, semua itu dapat diatasi dengan gampang tanpa harus marah-marah dan membuang waktu. Maka jadilah profesi guru menjadi profesi yang menyenangkan.

Jadi, berprofesi sebagai guru bisa menjadi sesuatu yang menjengkelkan. Akan tetapi harus dijalankan dengan sabar karena memang sudah menjadi “sawah-ladang” seorang guru. Kadang-kadang harus “makan hati” menghadapi sikap dan perilaku siswa.

Sebaliknya, profesi guru itu bisa menjadi profesi yang menyenangkan. Ini bagi guru yang benar-benar tulus menghadapi siswa. Mampu mengatasi hambatan dan tantangan. Baik dari dalam dirinya sendiri maupun tantangan yang berasal dari peserta didik. Baca juga: Jadi Guru Itu Menyenangkan

Share this :

11 Responses to "Benarkah Jadi Guru Itu Menyenangkan?"

  1. semua profesi kalau di kerjakan dengan hati pasti menyenankan

    BalasHapus
  2. Guru adalah sebuah profesi yang luar biasa menurut saya. berkat jasanya membuat kita dari tidak tahu menjadi tahu. saya buat blog hari ini saya kira berkat jasa guru SD saya juga dulu yang mengajarkan membaca dan menulis. Luar biasa dahsyatt profesi seorang guru !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Profesi guru itu luar biasa sehingga dulu guru dijuluki pahlawan tanpa tanda jasa. Sekarang julukan itu sudah diganti, guru pahlawan pembentuk insan cendekia. Bukan main...

      Hapus
  3. Saya sepakat sama mas arif, segala sesuatu dan profesi bila dikerjakan dgn nawaitu yg tulus hasilnya pun kan menyenangkan, cuma ya itu tadi, faktor dan kendala teknis anggap aja merupakan bagian dari seni pekerjaan, mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul juga ya mbak. Setiap profesi itu ada lika-likunya dan itu adalah seninya hidup dengan menjalani suatu profesi...

      Hapus
  4. Setiap pekerjaan selalu ada plus minusnya, tapi kalo guru meski susah atau senang yang terutama itu amalnya ya Uda, pahala selalu mengalir hingga kiamat atuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, mbak. Jika dilaksanakan dengan tulus dan ikhlas, akan menjadi ilmu yang bermanfaat dan terus mengalir pahalanya bagi orang yang memberi ilmu (guru). Selamat datang dan terima kasih, mbak...

      Hapus
  5. Semua profesi itu ada enak ga enaknya ya mas, tp selama saya 5th jd guru kebanyakannya menyenangkan :)

    BalasHapus