Benarkah Siswa Bandel Tidak Akan Sukses?

Benarkah siswa bandel tidak akan sukses? -  Siswa yang sering dicap bandel semasa sekolah lebih mudah mengingat gurunya di masa akan datang. Apalagi bila mereka sudah berhasil menjalani hidup yang lebih baik dengan usaha dan bisnisnya. 

Berhasil membuktikan prakiraan gurunya yang salah dan keliru terhadap siswa bandel. Siswa yang nakal tidak akan berhasil dalam hidup!

Prakiraan dan ucapan guru terhadap anak bandel ini membuat siswa bersangkutan berfikir keras. Benarkah saya akan gagal dan tidak berhasil menjalani hidup? Benarkah nanti saya tidak akan membalas guna? Dalam hati mereka sudah mulai tumbuh kesadaran untuk membuktikan ucapan gurunya.

siswa,bandel,sukses

Mungkin saja di tingkat sekolah yang lebih tinggi, siswa yang dianggap bandel ini akan mengubah sikapnya. Perubahan sikap ini akan membuat mereka lebih termotivasi untuk sukses. 

Baik dalam belajar maupun untuk mencari pekerjaan kelak setelah menamatkan pendidikan. Bahkan ada yang berhasil mencari maupun menciptakan lapangan kerja. Pendek kata, menjadi usahawan dan bisnisman yang berhasil!

Mereka tidak akan mudah  melupakan gurunya di sekolah. Mana guru yang sabar dan mana yang pemarah atau pendendam. Alumni yang berperan aktif terhadap sekolah yang pernah mendidiknya bukan mustahil dari kaum yang dianggap bandel namun telah sukses di masa depannya.

Siswa bandel  sesungguhnya merupakan siswa yang kreatif.  Namun kreativitas yang ditunjukkan, baik fisik maupun mentalnya belum terarahkan dengan baik. Jangankan untuk mengarahkan, kebanyakan guru malah cenderung mengucilkannya.

Kadang-kadang guru memang  kurang sabar menghadapi siswa yang bandel. Cenderung menghukum dan mengusirnya ke luar kelas. Itu pun sudah cara terbaik, kalau tidak dihujat dan dihina. 

Kebanyakan guru merasa terganggu proses pembelajarannya oleh siswa yang kreatif yang bersifat negatif ini.

Share this :

6 Responses to "Benarkah Siswa Bandel Tidak Akan Sukses?"

  1. rata-rata siswa bandel malah siswa yang cerdas dan kreatif ya uda,tinggal bagaimana guru membimbingnya.tp rata2 guru memang malah mengucilkannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pada umumnya begitu mas Yanto. Mereka dianggap sangat mengganggu pembelajaran..

      Hapus
  2. saya siswa yang bandel (tapi bandelnya nggak kelewatan batas, hehe...) dan seperti penjelasan diatas, saya termotivasi untuk sukses :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itu dia gan. Yang penting termotivasi untuk sukses...

      Hapus
  3. Ada banyak alasan anak bandel ... ada yang bandel untuk cari perhatian, ada yang sedang mencari jati diri dengan jalan yang berlebihan sehingga disebut orang bandel , dan masih banyak lagi

    Thanks sharingnya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Astri...Mungkin alasan-alasan ini lebih menjadi perhatian bagi guru sehingga mudah melakukan pendekatan untuk anak yang dianggap bandel ini. Terima kasih, mbak...

      Hapus