Hanya 2 Persen Pengunjung yang Klik Iklan?

Hanya 2 Persen Pengunjung yang Klik Iklan?

Hanya 2 persen pengunjung yang mengklik iklan? – Apakah Sobat matrapendidikan.com mengeluh dengan earnings adsense-nya yang rendah? Sudah pantas atau belumkah mengeluhkan hal ini? Artikel ini bukanlah sebuah solusi, namun hanya sekadar bahasan analisa terhadap kecenderungan pengunjung mengklik iklan adsense yang terpasang di blog/web.

Teori probabilitas sangat mustahil terjadi dalam bermain adsense. Artinya, peluang untuk mendapatkan klik sah sebuah iklan adsense masih sangat besar dan itu tergantung pada banyak faktor. Namun demikian, faktor tersebut dikelompokkan menjadi 2 pertanyaan.

a).Apakah sobat termasuk publisher newbie, master, atau publisher bisnisman?

pengunjung,klik,iklan

b).Apakah pengunjung unik blog sobat sudah memadai untuk memperbesar peluang klik iklan oleh pengunjung?

Untuk jawaban pertama, publisher newbie khususnya admin sendiri, barangkali belum masanya untuk mengeluh. Artinya, untuk mencapai penghasilan yang maksimal perlu waktu untuk belajar yang lebih banyak. Baik untuk optimasi blog maupun iklan adsense.

Untuk jawaban kedua, belum wajar mengeluh ketika penghasilan adsense masih rendah. Iklan yang ditayangkan blog akan diklik oleh pengunjung. Jika pengunjung unik masih belum memadai maka peluang klik iklan juga masih kecil. Ini berdasar teori kemungkininan.

Admin juga melakukan pengamatan terhadap peluang klik iklan oleh pengunjung. Tentu saja hasil pengamatan tersebut bersifat objektif dan memiliki kelemahan. Menurut master adsense, buk Indri Lidiawati melalui sebuah artikel tentang adsense, peluang klik iklan oleh pengunjung hanya sekitar 2 % dari pengunjung. Dan itu ada benarnya.

Perhitungan sederhananyanya begini, jika pengunjung unik blog hanya sekitar 300 pengunjung unik perhari, maka probabiliti klik iklan hanya sekitar 6 klik. Besar kecilnya nilai klik iklan… ya, tergantung optimasi iklan itu sendiri. Jika begini, belum pantas kita mengeluh rendahnya penghasilan adsense. Sebaliknya, semakin bersemangat untuk mendongkrak trafik pengunjung blog supaya peluang klik lebih besar.

Barangkali wajar kita mengeluh jika pengunjung “membludak” tapi klik iklan sangat rendah. Misalnya, pengunjung unik per hari 1000-an, klik iklan hanya 6 sampai 10 klik. Atau, sobat seorang master wajar mengeluh jika penghasilan turun drastis diluar penalaran.

Lalu, bagaimana menurut analisa sobat matrapendidikan.com?

Posting Komentar