Kebiasaan Unik Guru Ketika Mengajar

Kebiasaan Unik Guru Ketika Mengajar

Kebiasaan unik guru ketika mengajar – Resiko menjadi seorang guru sudah pasti harus berdiri di depan kelas. Berinteraksi dengan siswa melalui proses belajar dan mengajar. Interaksi akan berjalan lancar jika dipersiapkan dengan baik oleh setiap guru.

Guru harus siap tampil di depan murid-muridnya. Siap secara teknis maupun non-teknis. Kesiapan teknis meliputi materi yang akan diajarkan, strategi dan metode penyampaian materi pelajaran, dan lain sebagainya.

Persiapan non-teknis yang tak kalah pentingnya adalah penampilan di depan kelas. Meliputi berpakaian, gaya dan cara berbicara, sikap dalam berinteraksi dengan siswa, dan lain sebagainya. Mengapa segi non-teknis ini menjadi penting diperhatikan guru?

kebiasaan,guru,mengajar

Mulai dari ujung rambut sampai ujung sepatu akan menjadi perhatian bagi siswa. Begitu pula cara dan gaya guru berbicara saat menyampaikan materi. Kebiasaan-kebiasaan guru saat mengajar akan menjadi perhatian khusus bagi siswa. Apalagi kebiasaan yang tidak disengaja atau tidak disadari oleh guru. Pada umumnya siswa belum menganggap kebiasaan tersebut sebagai hal yang janggal. Namun menjadi sesuatu yang menarik dan unik menurut siswa.

Kebiasaan-kebiasaan unik ini akan menjadi pembeda bagi siswa, antara satu guru dengan guru yang lainnya. Bahkan kebiasaan unik ini akan diingat lama oleh siswa. Bukankah siswa lebih cenderung mengingat ciri khas guru ketimbang materi pelajaran yang disampaikannya?

Nah, apa saja kebiasaan-kebiasaan unik guru ketika mengajar? Antara lain:
1.Kebiasaan guru memegang hidung, menggarut kening yang tak gatal, atau merapikan rambut dengan tangan.

2.Sering mengulang kata atau kalimat yang sama sehingga siswa yang suka iseng akan menghitung atau mentally berapa kali kata atau kalimat itu diucapkan guru.

3.Sering menoleh keluar ruangan kelas disaat berbicara, sebaliknya kurang memperhatikan siswa satu persatu.

4.Menggunakan bahasa gado-gado dalam mengajar sehingga terdengar lucu oleh siswa dan menimbulkan gelak tawa.

5.Cenderung memperhatikan siswa yang cantik atau ganteng. Ups!!! Kalau yang ini, hanya kebiasaan sebagian kecil guru, termasuk admin…hehehe… Cuma becanda, koq…

Tentu saja masih banyak kebiasaan-kebiasaan unik lainnya yang tidak terjangkau dalam artikel ini. Semua kebiasaan unik yang ditunjukkan oleh guru secara tidak disadari akan membekas dalam ingatan siswa sampai mereka dewasa kelak.

Posting Komentar