Prinsip Dasar Mengajar bagi Calon Guru

Prinsip dasar mengajar bagi calon guru - Prinsip dasar mengajar merupakan hal pokok yang harus diperhatikan oleh calon guru atau guru baru. Mengetahui prinsip dasar berarti mengetahui hal-hal minimal yang harus dikuasai oleh guru maupun calon guru sebelum melaksanakan tugas mengajar. Mengapa hal ini perlu diketahui?

Mengajar  merupakan salah satu tugas pokok profesi guru yang bersifat  komplek. Kompleksitas mengajar terlihat dari awal guru mengajar sampai proses penilaian. Guru perlu membuat sebuah perencanaan tertulis dan tak tertulis. Perencanaan tertulis ini dikenal dengan istilah perangkat pembelajaran. Ada rumusan tujuan, tahapan pembelajaran, strategi dan metode, serta evaluasi.


prinsip,mengajar,guru

Persiapan tak tertulis antara lain persiapan mental guru untuk menghadapi siswa sesuai dengan karakter masing-masing dalam ruang kelas. Selain itu, persiapan tak tertulis yang tak kalah pentingnya adalah penguasaan materi pelajaran. Proses mengajar akan terkendala jika guru kurang menguasai bahan pelajaran yang akan diajarkan kepada siswa.

Mengajar merupakan aktivitas guru untuk memaksimalkan proses belajar siswa.  Hal ini syarat mutlak yang harus dikuasai adalah bagaimana merangsang keaktifan seluruh aktivitas fisik dan psikis siswa. Guru perlu menggunakan berbagai metode secara bervariasi. Metode seperti akan dapat mengurangi kebosanan siswa dalam belajar. Hal ini disebabkan adanya variasi aktivitas anggota fisik dengan psikis siswa.

Berdasarkan penjelasan di atas, ada beberapa hal pokok yang perlu mendapat perhatian guru dalam mengajar.

1.Pembelajaran melibatkan aktivitas pisik dan psikis

Pembelajaran harus melibatkan  aktivitas fisik  dan aktivitas mental  siswa secara bervariasi. Mulai dari mata, telinga, hidung, kulit, tangan sampai ke otak  terlibat  saat pembelajaran berlangsung. Indikasi keterlibatan semua aktivitas ini adalah konsentrasi dan pemusatan perhatian pada materi pelajaran yang dibahas.

2.Penggunaan metode pembelajaran

Pembelajaran  mengisyaratkan agar guru menggunakan berbagai metode (multimetode) dalam menyampaikan materi pelajaran. Barangkali, tidak satupun metode pembelajaran yang dianggap paling bagus atau paling tidak bagus. Metode pembelajaran apapun bisa digunakan asal sesuai dengan karakter materi pelajaran dan ketersediaan sarana belajar. Yang penting metode itu bisa melibatkan aktivitas fisik dan mental siswa secara optimal. 

3.Berorientasi pada siswa

Aktivitas guru di ruang kelas seyogyanya lebih dikurangi sehingga guru tidak lebih sibuk dari pada siswanya. Guru harus mampu menekan dirinya untuk mau memberikan waktu belajar kepada siswa sebanyak mungkin dalam pembelajaran. Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih guru sangat menentukan terlaksananya hal ini.

4.Motivator pembelajaran

Idealnya dalam pembelajaran, peran guru itu menjadi motivator, fasilitator dan pembimbing siswa dalam belajar.  Guru harus mampu menjadi pembangkit semangat siswa untuk belajar.  Pada dasarnya siswa memiliki potensi motivasi yang besar dalam dirinya. Motivasi tersebut bisa saja berasal dari dalam diri siswa dan bisa pula dari luar diri siswa. Inilah peran guru, bagaimana memfasilitasi dan membimbing siswa agar semua potensi itu dapat dikembangkan secara optimal melalui pembelajaran.

Sasaran utama segenap rangkaian kegiatan pembelajaran adalah hasil belajar siswa yang optimal sehingga menjadi milik siswa.  Hasil belajar tersebut bermanfaat bagi siswa secara kognitif, afektif dan psikomotorik. Demikianlah beberapa prinsip dasar mengajar yang perlu diperhatikan oleh calon guru maupun guru baru.

Share this :

18 Responses to "Prinsip Dasar Mengajar bagi Calon Guru"

  1. memang harus banyak ke ahlian juga ya mas dalam mengajar :)
    yang jelas kita harus dekat juga dengan murid :-d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam hal mengajar juga mendidik saya angkat jempol 2 :bd :-d
      Buat Pak Uda Awak mah, soalnya Sosok Guru yang Welas asih :)

      Hapus
  2. Prinsif seorang pasti akan lebih di hargai muridnya ya Pak
    Jika seorang guru bisa jadi contoh yang Tauladan. :)
    Selamat hari raya Idul Adha Mohon maaf lahir bathin :-bd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, betul mas Saud. Oh ya, selamat hari Raya Idhul Adha, minal aidin walfaidzin...

      Hapus
  3. prinsipnya memang sangat dibutuhkan oleh calon guru, yang terpenting metode pembelajaran sama motivasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju gan. Metode dan motivasi sangat menentukan proses pembelajaran di ruang kelas...

      Hapus
  4. jadi seperti itu yia bos, prinsip dasar mengajar bagi calon guru? harus diperhatikan nih bagi yang ingin jadi guru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yiah mas CC. Minimal calon guru atau guru baru perlu memperhatikan prinsip-prinsip dasar dimaksud...

      Hapus
  5. ini dia yang musti dimiliki para calon Guru terlebih dahulu. Penting ya Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas Andri. Mudah-mudahan bermanfaat buat sahabat yang menjadi calon guru...

      Hapus
  6. guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak Wida. Namun sekarang sudah diubah menjadi guru pahlawan pembangun insan cendikia, lho mbak...hehehe.

      Hapus
  7. kalau gurunya kurang menguasai meteri yg hendak diajarkan berarti sama belajar seperti siswanya ya pak hehehe :D nice sharing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kira-kira begitulah buk Indri. Karena siswa lebih dekat dengan media internet bukan mustahil siswa lebih menguasai materi pelajaran yang sedang dibahas...

      Hapus
  8. Jadi ingat jaman PPL dulu hiehiheiehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa yang asyik dan...seakan-akan kita sudah merasa jadi guru benaran, mas Asep...

      Hapus
  9. wah, dapat ilmu yg bermanfaat lagi dari Pak Uda tentang Prinsip dasar mengajar, terima kasih Pak :) sangat bermanfaat sekali .. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali pak Eka. Selamat pagi.

      Hapus