Siapa yang Piawai Mengurus Rumah Tangga

Siapa yang piawai mengurus rumah tangga – Pada awalnya memang, rumah tangga dan anak di rumah diurus oleh seorang ibu rumah tangga. 

Sementara pimpinan rumah tangga, ayah, bertugas mencari nafkah hidup keluarga. Segala kebutuhan keluarga, termasuk biaya pendidikan anak dipenuhi oleh kepala keluarga.

Dinamika perkembangan zaman telah menggiring tugas seorang istri tidak lagi berada dalam koridor rumah tangga. Di luar rumah tangga, seorang ibu juga memiliki profesi atau jabatan penting di lembaga pemerintah maupun swasta. 

Penghasilan isteri bisa jadi jauh lebih besar dari suami. Bukan main!

siapa piawai,mengurus,rumah tangga

Ya, mungkin ini yang dinamakan emansipasi wanita. Zaman sekarang  tugas seorang ibu rumah tangga tidak hanya dalam koridor dapur, sumur dan kasur. Koridor dapur meliputi kegiatan menyiapkan segala kebutuhan keluarga yang berkaitan dengan makanan dan minuman.

Sedangkan koridor sumur terdiri dari aktivitas istri mencuci pakaian anggota keluarga. Koridor ini dapat digantikan oleh orang lain (pembantu rumah tangga). Tentu saja, koridor tugas yang tidak dapat dan tidak boleh digantikan oleh orang lain adalah koridor kasur.

Barangkali, permasalahan akan timbul dalam rumah tangga jika terjadi pertukaran tugas antara sang suami dengan sang istri. Sang suami mengurus rumah tangga sementara isteri bekerja di luar rumah untuk menopang ekonomi keluarga. 

Sepandai-pandainya mengatur dan mengelola kondisi ini, suatu saat pasti akan menimbulkan masalah. Strata sosial dan budaya di daerah tertentu menganggap hal ini sebagai sesuatu yang tak lazim.

Bagaimanapun pesatnya perkembangan emansipasi wanita, tugas mengurus rumah tangga tetap dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga. Ini tidak dapat digantikan oleh orang lain maupun suami. Dari dulu sampai sekarang, sang isteri terkenal piawai dalam mengurus rumah tangga dan anak.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
4 Oktober 2014 10.38 delete

cukup menyimak aja ah hehehe
soalnya belum rumah tangga :)

Reply
avatar
4 Oktober 2014 11.12 delete

Sip deh, mbak. Tapi suatu saat juga akan berumah tangga bukan? Hehehe...

Reply
avatar