Trik Sederhana Cegah Siswa Bolos

Trik sederhana cegah siswa bolos – Cara yang akan dbahas ini mungkin sudah kuno. Namun bukan berarti tidak berpotensi untuk mencegah siswa bolos selama jam pelajaran berlangsung. Kadang-kadang tindakan sekecil apapun akan mendatangkan hasil yang tak terduga dalam menjalankan pembelajaran di ruang kelas. Inilah uniknya proses belajar dan mengajar.

Pembelajaran yang berlagsung selama sekian puluh menit dalam satu kali pertemuan. Bukanlah waktu yang sebentar bagi siswa, mungkin juga bagi guru. Selama itu, guru tidak mungkin menahan dan memaksa siswa untuk selalu berada di dalam kelas.

trik,cegah,siswa,bolos

Dari sekian siswa mungkin ada yang harus minta izin keluar kelas. Mungkin juga sengaja minta permisi karena memang malas belajar dan karena alasan lainnya. Ujung-ujung siswa berkesempatan untuk bolos.

Masih mending kalau mereka hanya nongkrong di kantin sekolah. Kalau sudah meninggalkan lokasi sekolah bagaimana? Mungkin resiko yang akan timbul lebih parah. Misalnya mereka berkeliaran di jalan raya, berkunjung ke sekolah lain, ke pasar atau tempat keramaian lainnya. Bukan mustahil bisa mengundang aksi tawuran antar pelajar.

Oleh sebab itu guru perlu lebih jelimet mengawasi seisi ruangan kelas, memantau gerak gerik siswa selama pembelajaran berlangsung. Ini bukan berarti guru harus mempunyai indra ke 6 untuk melakukan semua itu. Berikut adalah trik sederhana untuk mencegah siswa bolos:

1.Selalu berada dalam berbagai posisi saat mengajar

Hal ini bertujuan untuk memberikan perhatian kepada semua siswa di ruang kelas. Jika posisi guru hanya di pojok tempat kursi guru dan di depan papan tulis, yang selalu menjadi perhatian lebih cenderung siswa bagian depan saja.

2.Posisi ketika menulis di papan tulis

Guru tidak membelakangi penuh kepada siswa saat menulis di papan tulis. Mungkin sama seperti halnya pemain drama yang tidak boleh membelakangi penonton atau kamera televisi. Mungkin tepatnya tubuh guru menyamping saat menulis. Posisi guru ini dapat membatasi keleluasaan siswa untuk berbuat sesuatu yang tidak diinginkan.

Sering terjadi, siswa memanfaatkan kesempatan ketika  guru menulis di papan tulis untuk mengendap-endap meninggalkan kelas. Apalagi saat guru konsentrasi penuh menghadap ke papan tulis.

3. Menuliskan nama siswa di pojok kiri atau kakan papan tulis

Jika perlu guru mendata siswa yang minta izin keluar kelas dengan menyuruh siswa menuliskan namanya di pojok kiri atau kanan papan tulis. Toh, fungsi bagian papan tulis ini memang digunakan untuk catatan atau coretan khusus oleh guru saat mengajar.

4.Prinsip antri

Jika perlu juga, guru tidak membiarkan siswa minta izin lebih dari satu orang dalam waktu sama. Siswa harus antri kecuali kalau keadaan sangat terpaksa. Misalnya, pada musim dingin orang lebih cenderung untuk ingin buang air kecil.

Semoga trik sederhana cegah siswa bolos ini bermanfaat. Terima kasih.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

17 komentar

Write komentar
7 Oktober 2014 08.10 delete

setelah saya resapi, sepertinya tips sederhana cegah siswa bolos ini, buat mencegah siswa yang sudah berangkat masuk sekolah tapi terus bolos yia bos... lah kalau yang emang nggak berangkat gimana bos?

Reply
avatar
7 Oktober 2014 08.24 delete

Siswa BOLOS memang bikin puyeng gurunya. Izinnya sakit mau ke dokter ternyata surat izinnya dibuat sendiri oleh yang bersangkutan

Reply
avatar
7 Oktober 2014 09.40 delete

Bolos memang seperti menjadi penyakit yang menahun dan menular

Reply
avatar
7 Oktober 2014 11.34 delete

Yang nggak berangkat, itu namanya tetap alpa atau absen, mas CC...

Reply
avatar
7 Oktober 2014 11.41 delete

Kalau yang ini, Uda kebetulan pernah mengalami dulu mas. Namun sebagai guru Uda tidak bisa dikibuli, setelah diperiksa keabsahan surat izinnya ternyata tanda tangan orang tua dipalsukan. Tanda tangan orang tua nyaris seirama dengan tandatangan siswa sehingga statusnya bukan lagi bolos melainkan alpa atau absen...

Reply
avatar
7 Oktober 2014 11.44 delete

Sepertinya memang begitu, mbak Dea....Dihilangkan sangat susah namun guru hanya berusaha meminimalisirnya, mbak...

Reply
avatar
7 Oktober 2014 12.08 delete

Selamat siang Bapak Uda Awak yang baik hati dan selalu memberi
Ilmu yang bermanfaat buat saya kelak. Trik ini bisa membuat anaka saya
Jadi pinter bakal nih Pak. ijin saya coba buat ngedidik Putra saya Pak
Hatur nuhun/Terima kasih ya Pak Uda :)

Reply
avatar
7 Oktober 2014 12.10 delete

Trik sederhan untuk membuat siswa tidak malas, biar sederhana
Namun manfaatnya sangat besar ya Pak. makasih atas trik nya :)

Reply
avatar
7 Oktober 2014 13.21 delete

koreksi uda untuk point 3. tentang Menuliskan nama siswa di pojok kiri atau kakan papan tulis. mungkin yang dimaksud KANAN papan tulis bukan KAKAN papan tulis..hehehehehe, @amin Bimba
mbak siphe

Reply
avatar
7 Oktober 2014 13.41 delete

Selamat siang juga mas Saud...Mudah-mudahan upaya sekecil apapun yang kita lakukan sebagai orang tua dapat mengantarkan anak-anak kita menjadi yang lebih baik mas.

Reply
avatar
7 Oktober 2014 13.48 delete

Hehehe...terima kasih atas koreksinya, mbak Shipe... Betul, maksudnya pojok kanan....

Reply
avatar
7 Oktober 2014 16.16 delete

Ternyata papan absen siswa masih efektif sampai sekrng ya mas :)

Reply
avatar
7 Oktober 2014 18.40 delete

Iya, masih efektif mbak. Papan kecil namun bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lain.

Reply
avatar
7 Oktober 2014 20.03 delete

jadi inget waktu sekolah dulu uda....waktu guru nulis temen2 malah gantian keluar,abis gurunya nggak asyik sih.coba kayak uda dijamin siswanya nggak ada yg bolos

Reply
avatar
7 Oktober 2014 21.04 delete

Sampai sejauh ini insyaallah mas Yanto...Umumnya bisa terkendali dengan berbagai pendekatan dan strategi untuk cegah siswa bolos saat Uda mengajar mata pelajaran IPA...

Reply
avatar
9 Oktober 2014 17.46 delete

memang harus diterapkan ya pak, apalagi perhatian guru memang harus ditingkatkan

Reply
avatar
9 Oktober 2014 18.39 delete

Betul pak Ibrahim. Mudah-mudahan trik sederhana ini dapat diterapkan sesuai dengan situasi dan kondisi di sekolah...

Reply
avatar