Trik Sederhana Cegah Siswa Bolos

Trik Sederhana Cegah Siswa Bolos

Trik sederhana cegah siswa bolos – Cara yang akan dbahas ini mungkin sudah kuno. Namun bukan berarti tidak berpotensi untuk mencegah siswa bolos selama jam pelajaran berlangsung. Kadang-kadang tindakan sekecil apapun akan mendatangkan hasil yang tak terduga dalam menjalankan pembelajaran di ruang kelas. Inilah uniknya proses belajar dan mengajar.

Pembelajaran yang berlagsung selama sekian puluh menit dalam satu kali pertemuan. Bukanlah waktu yang sebentar bagi siswa, mungkin juga bagi guru. Selama itu, guru tidak mungkin menahan dan memaksa siswa untuk selalu berada di dalam kelas.

trik,cegah,siswa,bolos

Dari sekian siswa mungkin ada yang harus minta izin keluar kelas. Mungkin juga sengaja minta permisi karena memang malas belajar dan karena alasan lainnya. Ujung-ujung siswa berkesempatan untuk bolos.

Masih mending kalau mereka hanya nongkrong di kantin sekolah. Kalau sudah meninggalkan lokasi sekolah bagaimana? Mungkin resiko yang akan timbul lebih parah. Misalnya mereka berkeliaran di jalan raya, berkunjung ke sekolah lain, ke pasar atau tempat keramaian lainnya. Bukan mustahil bisa mengundang aksi tawuran antar pelajar.

Oleh sebab itu guru perlu lebih jelimet mengawasi seisi ruangan kelas, memantau gerak gerik siswa selama pembelajaran berlangsung. Ini bukan berarti guru harus mempunyai indra ke 6 untuk melakukan semua itu. Berikut adalah trik sederhana untuk mencegah siswa bolos:

1.Selalu berada dalam berbagai posisi saat mengajar

Hal ini bertujuan untuk memberikan perhatian kepada semua siswa di ruang kelas. Jika posisi guru hanya di pojok tempat kursi guru dan di depan papan tulis, yang selalu menjadi perhatian lebih cenderung siswa bagian depan saja.

2.Posisi ketika menulis di papan tulis

Guru tidak membelakangi penuh kepada siswa saat menulis di papan tulis. Mungkin sama seperti halnya pemain drama yang tidak boleh membelakangi penonton atau kamera televisi. Mungkin tepatnya tubuh guru menyamping saat menulis. Posisi guru ini dapat membatasi keleluasaan siswa untuk berbuat sesuatu yang tidak diinginkan.

Sering terjadi, siswa memanfaatkan kesempatan ketika  guru menulis di papan tulis untuk mengendap-endap meninggalkan kelas. Apalagi saat guru konsentrasi penuh menghadap ke papan tulis.

3. Menuliskan nama siswa di pojok kiri atau kakan papan tulis

Jika perlu guru mendata siswa yang minta izin keluar kelas dengan menyuruh siswa menuliskan namanya di pojok kiri atau kanan papan tulis. Toh, fungsi bagian papan tulis ini memang digunakan untuk catatan atau coretan khusus oleh guru saat mengajar.

4.Prinsip antri

Jika perlu juga, guru tidak membiarkan siswa minta izin lebih dari satu orang dalam waktu sama. Siswa harus antri kecuali kalau keadaan sangat terpaksa. Misalnya, pada musim dingin orang lebih cenderung untuk ingin buang air kecil.

Semoga trik sederhana cegah siswa bolos ini bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar