Blogger Itu Murid Sekaligus Guru di Dunia Maya

Blogger itu murid sekaligus guru di dunia maya – Ada yang unik dari seorang blogger.  Dipandang dari matra (ranah) pendidikan, blogger itu berperan ganda. Berperan sebagai murid sekaligus  guru di dunia maya. Mengapa demikian?

Blogger itu sesungguhnya orang yang sedang belajar mengenai suatu disiplin ilmu yang digemarinya. Murid yang rajin mencari dan menggali ilmu. Ia berguru kepada google, yahoo, bing, dan lain sebagainya. 

Mesin pencarian tersebut adalah gudangnya ilmu pengetahuan. Fasilitas search engine adalah kunci untuk mencari ilmu tersebut.

blogger,guru,dunia maya

Dengan menggunakan fasilitas mesin pencari ini, apa yang tidak akan ketemu? Semuanya bisa dicari sesuai kata kunci apa yang diketikkan pada browser. Jadi, blogger itu tak ubahnya seperti seorang murid yang sedang belajar pada gurunya di sekolah.

Di samping sebagai murid, ternyata blogger itu juga berperan sebagai guru. Kenapa tidak? Blogger mempunyai media untuk mengajarkan sesuatu yang bermanfaat kepada orang lain, yaitu web maupun weblog. 

Di media ini para blogger akan memposting artikel yang dibutuhkan orang lain. Menjadi guru sesuai “mata pelajaran” yang dikuasai oleh masing-masing blogger.

Yang “diajarkan” blogger akan dibaca orang lain. Tidak hanya sesama blogger melainkan juga netter yang mungkin tidak dikenal sama sekali. Tidak dikenal karena tidak memiliki akun maupun blog/web. 

Dibaca mungkin untuk menambah ilmu pengetahuan (matra kognitif), mengubah sikap dan tingkah laku (matra afektif) bahkan menambah keterampilan (matra psikomotorik) orang lain.

Maka benar adanya jika blogger itu dikatakan sebagai murid sekaligus guru di dunia maya. Tak peduli apakah itu guru atau dosen, siswa atau mahasiswa, pegawai swasta maupun pegawai negeri, ibu rumah tangga atau bapak rumah tangga, atau siapa saja. 

Mau atau tidak, ia sudah berperan sebagai murid. Pada saat lain akan berperan sebagai guru.

Share this :

0 Response to "Blogger Itu Murid Sekaligus Guru di Dunia Maya"

Poskan Komentar