Ciri-ciri Wali Kelas yang Ideal

Ciri-ciri wali kelas yang ideal – Wali kelas merupakan guru yang ditunjuk dan diangkat oleh kepala sekolah menjadi wakil orang tua di sekolah. Oleh sebab itu, seorang guru wali kelas adalah orang tua siswa “kedua” setalah orang tuanya di rumah. Namun demikian tugas dan fungsi wali kelas hanyalah mewakili dalam hal tertentu saja.  

Wali kelas mewakili orang tua siswa dalam hal administrasi kesiswaan. Guru wali kelas mengurus segala administrasi yang menyangkut siswa bimbingannya. Misalnya mengumpulkan data hasil belajar, menuliskan data hasil belajar dan membagikannya kepada siswa dalam bentuk buku rapor hasil belajar.

Seorang guru wali kelas juga membimbing siswa dalam hal kemajuan belajar. Ini adalah fungsi yang paling penting artinya buat kemajuan belajar siswa di sekolah. Segala permasalahan belajar siswa dikelola oleh wali kelas dan bekerja sama dengan orang tua siswa. Baca: 5 Kemampuan Pokok Seorang Wali Kelas

wali,kelas,ideal

Lalu, bagaimana ciri wali kelas yang ideal? Berikut ini adalah rinciannya:
1.Mampu berperan sebagai wakil orang tua dalam membimbing kemajuan belajar siswa.
2.Dapat memahami karakter siswa, keluarga bahkan lingkungan sosial siswa.
3.Menyediakan waktu untuk berkomunikasi dan beraudiensi dengan para orang tua siswa.
4.Mampu mencari alternatif solusi terhadap masalah dan hambatan belajar yang dialami oleh siswa.
5.Mampu menjadi seorang motivator handal bagi siswa bimbingannya.
6.Memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas tentang pendidikan.
7.Bersikap demokratis, penyabar, adil dan bijaksana.

Demikian beberapa ciri seorang guru wali kelas yang ideal. Mudah-mudahan menjadi bahan inspirasi buat siswa, orang tua siswa dan wali kelas di sekolah. Jangan lupa membaca: Peranan Wali Kelas di Sekolah

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »