Dirgahayu Guru Indonesia dan PGRI Ke 69

Dirgahayu Guru Indonesia dan PGRI Ke 69

Dirgahayu guru Indonesia dan PGRI ke 69 – Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI setiap tahunnya. Pemerintah menetapkan tema peringatan berbeda-beda setiap tahun. Tema peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2014 dan HUT Ke-69 PGRI adalah “Mewujudkan Revolusi Mental Melalui Penguatan Peran Strategis Guru”

Peringatan HGN bertepatan dengan HUT PGRI. Dalam komunitas guru, peringatan bersama ini sudah diketahui secara luas asal muasalnya. Guru dan organisasi profesinya, PGRI, tidak lepas dari sejarah perjuangan bangsa pada masa lampau. Baik masa sebelum maupun sesudah Indonesia merdeka.

dirgahayu,Guru Indonesia,PGRI

Semasa penjajahan Belanda, para pahlawan tanpa tanda jasa ini, membentuk organisasi Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912. Kemudian tahun 1932 berubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Perubahan nama ini didorong oleh keinginan  untuk merdeka dan mendirikan negara sendiri.

Keinginan rakyat Indonesia untuk merdeka baru terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945. Tak lama setelah itu diadakan kongres PGI selama dua hari, tanggal 24 dan 25 November 1945 di Surakarta. Pada hari terakhir kongres, ditetapkanlah bahwa PGI berubah nama menjadi PGRI dan tanggal 25 November sebagai hari berdirinya PGRI.

Untuk menghargai jasa para guru Indonesia, maka pemerintah mengeluarkan Keppres Nomor 78 Tahun 1994 tentang Penetapan tanggal berdirinya PGRI sebagai hari Guru Nasional. Berdasarkan UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, ditetapkan tanggal 25 November setiap tahunnya diperingati sebagai hari guru Nasional.  

Dirgahayu Guru Indonesia dan PGRI ke 69.
                                                                            

Posting Komentar