Apa Untung Rugi Memoderasi Komentar Blog?

Apa untung rugi memoderasi komentar blog? – Blogspot telah menyediakan berbagai fitur penting untuk penggunanya. Penyempurnaan tahap demi tahap sudah dilakukan oleh penyedia layanan demi kepuasan pengguna. 

Hal ini dapat kita pantau melalui tampilan dashboard pada blog milik masing-masing blogger.

Fitur yang disediakan blogspot telah memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk mengatur tampilan sebuah blog agar menjadi lebih optimal. Namun semua fitur itu tidak mutlak dipergunakan. 



Blogger boleh tidak mengaktifkan bebrapa fitur alias dibiarkan saja apa adanya sesuai bawaan blogspot.


Moderasi komentar sebenarnya bukanlah fitur baru blogspot. Fitur ini sudah ada bersamaan dengan fitur deteksi spam otomatis untuk komentar. Fitur ini sudah diaktifkan langsung oleh blogspot. 

Namun kadang-kadang belum efektif sehingga sebagian blogger perlu mengaktifkan fitur moderasi komentar.  Lalu, apa keuntungan dan kerugian jika pemilik blog meangkatifkan fitur moderasi komentar ini?

Keuntungannya:
1.Upaya  untuk mengatasi masalah komentar dan link spamer yang tidak diinginkan oleh admin blog.

2.Mempermudah blogger untuk mengetahui jumlah komentar dan artikel mana yang dikomentari pengunjung.

3.Memberi waktu yang cukup kepada blogger untuk membalas komentar sehingga balasannya pun sesuai dengan komentar pengunjung.

4.Memantau perkembangan komentar pengunjung disaat admin blog kekurangan waktu untuk ngeblog atau lagi sibuk di dunia nyata.

Kerugiannya:

1.Besar kemungkinannya blog akan sepi komentar

Pengunjung akan enggan memberi komentar meskipun pada awalnya ingin berkomentar.  Kecuali sudah banyak memiliki pengunjung setia dan adminnya sudah akrab dan dikenal oleh pengunjung.

2.Pengunjung merasa kurang nyaman

Ini hanya faktor psikologis pengunjung. Pengunjung yang sudah sering berkomentar merasa kurang nyaman dalam memberi komentar. Kecuali pengunjung pertama yang mungkin belum mengetahui kalau komentarnya akan menunggu approval dari admin.

3.Memungkinkan timbulnya komentar ganda

Jika koneksi internet lambat, pemberi komentar sulit mengetahui apakah komentar yang dibuat sudah masuk atau belum. Kadang-kadang tak sengaja telah membuat dua atau lebih komentar yang sama dan oleh pemilik blog  bisa jadi dianggap sebagai komentar spam.

Itulah keuntungan dan kerugian mengaktifkan fitur moderasi komentar blog. Lha…? Blog yang sobat kunjungi ini juga mengaktifkan fitur moderasi komentar, bukan? Iya, mohon dimaklumi, ya? Terima kasih.

Share this :

13 Responses to "Apa Untung Rugi Memoderasi Komentar Blog?"

  1. tadinya sama memakai moderasi komentar kang di blogg saya namun dikarenakan banyakyang protes jadilah saya cabut :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti tidak menguntungkan jika mengaktifkan fitur moderasi komentar ya mas...

      Hapus
  2. yg kekurangan dh penah sy alami semua ,,,hehehe,,,

    BalasHapus
  3. Supaya kelihatan aja siapa aja yg berkomentar di artikel gitu mas hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai point 2 ya mbak. Selain mengetahui jumlah komentar, artikel yang dikomentari juga siapa orang yang bekomentar...

      Hapus
  4. aku belum pernah memoderasi komentar, tapi kalau saya komen pada blog yang mengaktifkan moderasi,betul betul ga nyaman, tapi aku sangat mengerti kepentingannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar juga, mbak...Mungkin ada pertimbangan tertentu atau khusus yang membuat admin memoderasi komentar...

      Hapus
  5. jika berkomentar menggunakan URL atau link hidup akan berimbas timbulnya backlink ke blog kita...nice share @uda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalau ini saya belum paham, mbak Shipe...Benarkah url atau link hidup yang ditaruh komentator (eksternal link) menjadi sebuah backlink?

      Hapus
  6. memang kadang merasa kurang nyaman kalau ada blog yang komentarnya di moderasi, tapi bagaimanapun tentunya itu pertimbangan yang empunya blog ya pak, dengan mempertimbangkan untung ruginya...jadi manapun yg dipilih pasti adalah ygterbaik mnurut yg bersangkutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Jery...Termasuk untuk berkomentar disini...hehehhehe...

      Hapus
  7. disini saya bisa lebih tau, kebanyakan pada milih tidak dimoderasi ya pak, Tapi untuk lebih mengetahui perkembangan komentar, saya masih memilih moderasi komentar dulu...

    BalasHapus