Apa Untung Rugi Memoderasi Komentar Blog?

Apa Untung Rugi Memoderasi Komentar Blog?

Apa untung rugi memoderasi komentar blog? – Blogspot telah menyediakan berbagai fitur penting untuk penggunanya. Penyempurnaan tahap demi tahap sudah dilakukan oleh penyedia layanan demi kepuasan pengguna. 

Hal ini dapat kita pantau melalui tampilan dashboard pada blog milik masing-masing blogger.

Fitur yang disediakan blogspot telah memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk mengatur tampilan sebuah blog agar menjadi lebih optimal. Namun semua fitur itu tidak mutlak dipergunakan. 



Blogger boleh tidak mengaktifkan bebrapa fitur alias dibiarkan saja apa adanya sesuai bawaan blogspot.


Moderasi komentar sebenarnya bukanlah fitur baru blogspot. Fitur ini sudah ada bersamaan dengan fitur deteksi spam otomatis untuk komentar. Fitur ini sudah diaktifkan langsung oleh blogspot. 

Namun kadang-kadang belum efektif sehingga sebagian blogger perlu mengaktifkan fitur moderasi komentar.  Lalu, apa keuntungan dan kerugian jika pemilik blog meangkatifkan fitur moderasi komentar ini?

Keuntungannya:
1.Upaya  untuk mengatasi masalah komentar dan link spamer yang tidak diinginkan oleh admin blog.

2.Mempermudah blogger untuk mengetahui jumlah komentar dan artikel mana yang dikomentari pengunjung.

3.Memberi waktu yang cukup kepada blogger untuk membalas komentar sehingga balasannya pun sesuai dengan komentar pengunjung.

4.Memantau perkembangan komentar pengunjung disaat admin blog kekurangan waktu untuk ngeblog atau lagi sibuk di dunia nyata.

Kerugiannya:

1.Besar kemungkinannya blog akan sepi komentar

Pengunjung akan enggan memberi komentar meskipun pada awalnya ingin berkomentar.  Kecuali sudah banyak memiliki pengunjung setia dan adminnya sudah akrab dan dikenal oleh pengunjung.

2.Pengunjung merasa kurang nyaman

Ini hanya faktor psikologis pengunjung. Pengunjung yang sudah sering berkomentar merasa kurang nyaman dalam memberi komentar. Kecuali pengunjung pertama yang mungkin belum mengetahui kalau komentarnya akan menunggu approval dari admin.

3.Memungkinkan timbulnya komentar ganda

Jika koneksi internet lambat, pemberi komentar sulit mengetahui apakah komentar yang dibuat sudah masuk atau belum. Kadang-kadang tak sengaja telah membuat dua atau lebih komentar yang sama dan oleh pemilik blog  bisa jadi dianggap sebagai komentar spam.

Itulah keuntungan dan kerugian mengaktifkan fitur moderasi komentar blog. Lha…? Blog yang sobat kunjungi ini juga mengaktifkan fitur moderasi komentar, bukan? Iya, mohon dimaklumi, ya? Terima kasih.

Posting Komentar