Peran Guru Sebagai Fasilitaor Pembelajaran

Peran Guru Sebagai Fasilitaor Pembelajaran

Fasilitator guru sebagai fasilitator pembelajaran – Pembelajaran merupakan proses belajar dan mengajar yang bersifat dinamis. Belajar dilakukan oleh peserta didik sedangkan mengajar dilakukan oleh guru. Ada interaksi atau hubungan timbal balik antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa lain serta siswa dengan sumber belajar yang ada.

Guru memegang peran sentral dalam proses pembelajaran. Semua aktivitas dalam pembelajaran dikendalikan oleh guru. Guru yang merencanakan semua aktivitas itu melalui perangkat mengajar yang telah disusun. Kemudian melaksanakan dan melakukan evaluasi.

Dalam pembelajaran, guru memiliki peran ganda. Dengan demikian guru tidak hanya mengajarkan materi pelajaran. Mentransfer semua ilmu pengetahuan dan informasi yang ada pada buku sumber. Lebih dari itu adalah menciptakan suasana bagaimana siswa belajar. Memberikan fasilitas yang memudahkan siswa untuk belajar.

peran,guru,fasilitator

Peran fasilitator dalam pembelajaran teraplikasi melalui sejauhmana guru dapat menciptakan suasana bagaimana siswa mengeksplorasi dan mengeksploitasi sejumlah informasi dan ilmu pengetahuan. Tujuan ini tidak akan tercapai jika guru berorientasi untuk mengajarkan materi pelajaran. Kondisi seperti ini dapat dilihat pada cara dan teknik kelompok bimbingan belajar dan les privat.

Selain suasana belajar, peran guru sebagai fasilitator ditunjukkan dengan kepiawaian guru menyediakan sumber dan fasilitas belajar. Sumber belajar di antaranya adalah guru itu sendiri, buku pelajaran, lingkungan sosial dan alam di sekitar sekolah. Berbagai media dan aneka alat peraga pelajaran termasuk fasilitas belajar.

Dapat disimpulkan bahwa peran guru sebagai fasilitator sangat penting artinya dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Baca juga: Peran Motivator dalam Pembelajaran

Posting Komentar